Kesegaran buah tomat selain baik untuk kesehatan tubuh ternyata juga punya segudang manfaat untuk kecantikan. Yap, tomat yang sering dipakai untuk bahan aneka olahan masakan seperti sop, tumis dan capcay, sebenarnya termasuk jenis buah-buahan, yaitu dari keluarga solanaceae . Nah, kandungan antioksidan dan vitaminnya yang tinggi terbukti bisa merawat sekaligus menjaga kecantikan kulit dari dalam.

Salah satu antioksidan alami yang terkandung dalam buah tomat ialah lycophene. Senyawa antioksidan inilah yang memberikan warna merah pada buah tomat ketika sudah matang. Beberapa jenis buah lain yang juga mengandung lycophene diantaranya; semangka, pepaya, stroberi, buah bit, dan jambu merah. Namun kandungan lycophene tertinggi terdapat pada tomat.

Apa sajakah manfaat lycophene bagi kesehatan dan kecantikan kulit kita ? Simak penjelasannya berikut ini!

Mencegah Radikal Bebas

Pixabay

Bagi Anda yang tinggal di perkotaan, pasti tidak asing lagi dengan asap, polusi udara dan paparan panasnya sinar UV matahari. Partikel-partikel tersebut merupakan radikal bebas yang berpotensi tinggi untuk bisa merusak kulit dan memicu terjadinya penuaan dini.

Untuk mencegah serangan radikal bebas tersebut, maka konsumsilah buah-buahan yang banyak mengandung antioksidan seperti buah tomat. Di mana senyawa antioksidan akan menjaga sel-sel dalam tubuh dari kerusakan, sehingga kesehatan kulit dapat terjaga dari dalam.

Kandungan vitamin C dan E dalam buah tomat juga akan bekerja untuk menetralkan radikal bebas sebelum terjadinya proses oksidasi. Ketika tubuh banyak mendapatkan asupan antioksidan, maka kulit tidak akan mudah mengalami penuaan.

Menjaga Kulit dari Kerusakan Akibat Paparan Sinar UV

Pixabay

Dari hasil penelitian, senyawa lycophene dalam tomat mampu menjaga kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh sinar UV matahari. Di mana partisipan yang mengikuti percobaan tersebut mengkonsumsi lycophene dengan dosis 16 mg. Perlu Anda ketahui, di setiap 100 gram ekstrak buah tomat atau tomato puree mengandung lycophene sebesar 21.8 mg.

Mencegah Kanker Kulit

Pixabay

Ada satu penelitian menarik yang dilakukan di Universitas Ohio, Amerika Serikat. Para peneliti menemukan bahwa antioksidan lycophene dalam tomat tidak hanya mampu melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar UV, namun juga bisa melawan sel tumor kanker kulit pada mencit jantan maupun betina.

Mencit tersebut diberikan diet serbuk tomat sebanyak 10% dari total konsumsi harian selama 35 minggu, kemudian dikenakan paparan sinar UV. Hasilnya, kanker kulit yang menyerang mencit tersebut mengalami pengurangan sebesar 50% dibandingkan dengan mencit tanpa diberikan perlakuan diet serbuk tomat yang tidak mengalami perubahan pada sel tumornya.

Menjaga Kulit Tetap Kencang

Thedermreview.com

Terlihat awet muda dengan kulit kencang sudah barang tentu menjadi idaman, khususnya bagi kaum hawa. Salah satu senyawa protein yang bertugas dalam menjaga tekstur kulit tetap kencang, kenyal dan terlihat muda itu ialah kolagen.

Kabar baiknya, ketika Anda mengkonsumsi makanan yang tinggi antioksidan seperti tomat, maka kerusakan kolagen yang diakibatkan oleh radikal bebas dapat dicegah sedini mungkin.

Mencegah Iritasi Dan Inflamasi

Pixabay

Ketika tubuh terserang objek asing seperti bakteri dan virus, maka tubuh akan merespon melalui proses inflamasi. Efek yang ditimbulkan salah satunya ialah iritasi.

Apabila respon sistem imun kita lemah dan tidak segera meredakan proses inflamasi tersebut, maka akan terjadi penumpukan plak pada pembuluh darah. Sehingga akan memicu terjadinya inflamasi lagi yang bisa mengakibatkan kerusakan pembuluh darah bahkan otak.

Untuk itu, dengan mengkonsumsi buah tomat yang mengandung antioksidan, lycophene, vitamin A dan C bisa membantu mencegah iritasi dan inflamasi dalam tubuh Anda.

Nah, mulai sekarang jangan ragu lagi untuk banyak mengkonsumsi buah tomat, agar Anda tetap terlihat cantik alami dengan tubuh yang sehat.