Pergi berlibur telah menjadi salah satu kebutuhan hidup sebagian besar masyarakat Indonesia. Namun, bagaimana jika memiliki budget pas-pasan? Tenang Anda masih bisa pergi ke destinasi impian.  Berikut adalah tujuh tips traveling ke destinasi impian dengan budget pas-pasan.

Tentukan Destinasi Wisata

Rawpixel.com

Tujuan destinasi adalah hal pertama yang harus segera ditentukan. Hal ini akan berpengaruh pada penentuan biaya transportasi perjalanan dan akomodasi. Harus diingat bahwa komponen pembiayan terbesar pergi traveling adalah untuk akomodasi dan transportasi. Oleh karena itu, tujuan destinasi menjadi penting untuk ditentukan. Karena budget pas-pasan dalam menentukan tempat destinasi Anda bisa membuat kriteria seperti bebas visa, bukan destinasi pilihan turis, atau bukan pada masa liburan di negara tersebut. Hal-hal seperti ini dapat membantu mengurangi biaya keberangkatan. Budget pas-pasan bukan berarti Anda tidak dapat menikmati destinasi wisata impian.

Cari Tiket Murah

Lennart Kcotsttiw

Tiket pesawat mahal? Tenang ada beberapa tips yang bisa dilakukan ketika mencari tiket pesawat walau Anda memiliki budget pas-pasan, di antaranya:

Pilih waktu keberangkatan saat low season atau saat tengah pekan. Biasanya harga yang ditawarkan relatif lebih murah.

Pilih penerbangan transit. Jika memiliki waktu yang panjang pilih penerbangan transit. Selain harga yang diberikan lebih murah, Anda dapat melakukan rekreasi tambahan seperti di bandara Changi yang menawarkan tur gratis keliling Singapura selama masa transit.  

Daftar sebagai anggota/member maskapai. Maskapai biasanya akan memberikan promo khusus kepada anggota/member maskapai. Pendaftarannya pun cukup mudah dan gratis.

Manfaatkan promo bank/aplikasi/situs penjualan tiket. Travel fair yang diadakan oleh bank dan promo situs penjualan tiket pada waktu-waktu tertentu dapat dijadikan alternatif pembelian tiket karena menawarkan harga yang rendah, tetapi fasilitas yang cukup yahud.

Pilih Jenis Penginapan

Pixabay

Salah satu tujuan traveling adalah untuk mengenal lebih dekat destinasi impian Anda. Oleh karena itu, jika Anda memiliki budget minim sebaiknya pilihlah jenis penginapan hostel, dorm, atau hotel berbintang rendah. Anda dapat memangkas biaya penginapan karena ketiga jenis hotel ini cenderung berbiaya minim. Anda juga bisa memanfaatkan situs seperti Couchsurfing untuk menginap dengan orang lokal untuk menghemat biaya penginapan. Selain itu, Anda dapat berkenalan dan merasakan bagaimana menjadi orang lokal di sebuah negara. Jika Anda terpaksa untuk menyewa penginapan, opsi lain yang dapat dilakukan adalah pilihlah penginapan yang dekat dengan tempat wisata atau transportasi publik.

Gunakan Transportasi Publik

Pixabay

Transportasi adalah salah satu hal yang akan menyedot biaya traveling dengan cukup besar. Oleh karena itu, Anda perlu berstrategi agar biaya yang dikeluarkan tidak besar. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan:

Gunakan transportasi gratis. Beberapa negara memiliki transportasi gratis yang dapat digunakan oleh wisatawan untuk traveling. Contohnya di Melbourne, Australia, Anda dapat menggunakan tram gratis di pusat kota dengan menggunakan kartu Myki atau di Malaysia Anda dapat menggunakan Bus Go KL yang berkeliling di pusat wisata Kuala Lumpur.

Gunakan bus wisata/sightseeing city tour. Jika banyak tempat wisata yang ingin dikunjungi, Anda dapat menggunakan bus bus wisata/sightseeing city tour. Selain menghemat biaya perjalanan, Anda dapat mengunjungi banyak destinasi wisata. Di London atau New York, misalnya Anda dapat menggunakan bus Hop On Hop Off untuk berwisata. Namun, kekurangannya waktu kunjungan di areal wisata bagi para traveler cukup singkat.

Menggunakan Tour Guide Gratis

Rawpixel.com

Pergi berwisata dengan tour guide memang memerlukan biaya yang cukup besar. Namun, jika Anda jeli beberapa kota di berbagai negara menawarkan tour guide gratis kepada pengunjung. Salah satu yang terkenal adalah negara Jepang. Anda dapat mengontak sukarelawan tour guide sebelum berangkat untuk membantu Anda menyusuri kota tujuan melalui berbagai aplikasi dan situs resmi. Kebanyakan tour guide ini tidak meminta harga alias gratis. Keuntungan lain yang diperoleh, Anda dapat mengetahui sisi lain dari destinasi wisata melalui kacamata orang lokal.    

Mengatur Porsi Makan

icon0.com

Perjalanan tidak akan terasa nyaman apabila pergi dengan perut keroncongan. Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menghemat porsi makan dengan budget yang pas-pasan, yaitu:

- Porsi makanan orang asing biasanya lebih besar dari ukuran orang Indonesia. Oleh karena itu, jika memesan makanan baiknya pesan satu porsi terlebih dahulu.

- Membeli makanan di kawasan Asian biasanya cenderung lebih murah dan pas di lidah orang Indonesia.

- Membeli bahan makanan di pasar lokal dan memasaknya bisa menjadi alternatif untuk menghemat.

Belanja Oleh-Oleh Murah

Ricardo Esquivel

Oleh-oleh merupakan salah satu faktor mengapa biaya traveling bisa membengkak. Anda dapat menyiasatinya dengan tidak membeli berbagai produk oleh-oleh di kawasan turis atau tourist spot. Jadi di manakah Anda harus berbelanja? Bertanya pada orang lokal atau sedikit melakukan pencarian di internet dapat membantu Anda membeli oleh-oleh dengan harga murah. Misalnya jika Anda berkunjung ke Rusia dibandingkan membeli oleh-oleh di kawasan Old Arbat lebih baik berbelanja di Pasar Izmailovo. Di Melbourne, Australia, daripada berbelanja di kawasan pusat kota lebih baik berburu oleh-oleh di kawasan Victoria Mart. Begitupun di Singapura dan Malaysia, Anda dapat berbelanja di Kawasan Bugis dan Jalan Petaling. Memilih tempat berbelanja yang murah adalah salah satu tips traveling dengan budget pas-pasan.