Tanaman melon (Cucumis melo L.) merupakan tanaman semusim yang termasuk ke dalam famili Cucurbitaceae.  Tanaman melon dapat tumbuh di daerah tropis dan subtropis pada ketinggian 300 sampai 1000 m dpl dengan suhu udara 25 sampai 30℃. Selain rasa manisnya yang sangat digemari oleh banyak orang, melon juga digemari karena kaya akan kandungan gizi. Kandungan gizi pada buah melon antara lain protein, magnesium, kalsium, karbohidrat, zat besi, kalium, vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, vitamin K dan masih banyak lagi.

Berbagai nutrisi yang terkandung di dalam buah melon tentunya memberikan berbagai macam manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Berikut 8 manfaat dari buah melon yang perlu Anda ketahui.

Menjaga Kesehatan Kulit

Buah melon mengandung kolagen yang berperan penting dalam memelihara dan memperbaiki jaringan kulit. Kolagen juga membantu menghidrasi, menghaluskan, dan mempertahankan kekencangan kulit. Oleh karena itu selain membuat kulit menjadi sehat, tentunya melon juga dapat mencegah penuaan kulit Anda.

Menjaga Kesehatan Pencernaan

Buah melon kaya akan serat dan mengandung banyak air. Hal tersebut memudahkan gerakan usus halus dan membantu buang air besar (BAB) menjadi lebih lancar. Disamping itu, buah melon mengandung mineral yang dapat melenyapkan keasaman penyebab sembelit, khususnya pada organ lambung.

Menjaga Tekanan Darah

Buah melon sering dikatakan sebagai buah yang cocok untuk dikonsumsi oleh penderita hipertensi. Hal tersebut dikarenakan buah melon tinggi akan kalium dan rendah akan natrium. Sehingga buah melon dapat menjaga tekanan darah dan menurunkan tekanan darah yang tinggi.

Menjaga Kesehatan Jantung

Antikoagulan yang terkandung di dalam buah melon dapat menghentikan pembekuan sel-sel darah merah penyebab stroke, penyakit jantung bawaan, dan serangan jantung. Cara kerja antikoagulan yaitu dengan menghalangi kerja protein yang terlibat dalam proses pembekuan darah.

Mencegah Kanker

Mengonsumsi buah melon dapat mencegah kanker karena mengandung karotenoid yang tinggi. Oleh sebab itu konsumsilah buah melon secara teratur agar memberikan hasil yang optimal dalam mencegah dan membunuh benih kanker jahat yang menyerang.

Mencegah Kerontokan pada Rambut

Salah satu penyebab rambut rontok adalah kekurangan vitamin B. Seperti yang telah disampaikan di atas, buah melon kaya akan vitamin B seperti inositol (vitamin B8) dan asam folat (vitamin B9). Sehingga dengan mengonsumsi buah melon secara teratur dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dan mencegah kerontokan pada rambut.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Buah melon rendah akan kalori dan sodium serta bebas kolesterol dan lemak. Kandungan air yang tinggi pada buah melon dapat mempertahankan rasa kenyang Anda menjadi lebih lama.

Meningkatkan Kualitas Tidur dan Mood

Salah satu jenis vitamin B lainnya yang juga terkandung dalam buah melon adalah vitamin B6. Vitamin B6 berfungsi sebagai koenzim. Enzim tersebut salah satunya membantu proses metabolisme protein. Vitamin B6 yang terkandung dalam buah melon dapat merangsang hormon serotonin. Hormon serotonin berperan sebagai neurotransmitter yang dapat meningkatkan kualitas tidur Anda menjadi lebih nyenyak dan tentunya juga membantu mood Anda menjadi lebih baik.

Jadi, itulah 8 manfaat buah melon yang akan Anda rasakan jika mengonsumsinya secara teratur. Tunggu apalagi? Mulailah teratur mengonsumsi buah melon dari sekarang. Tentunya Anda juga tidak boleh lupa untuk terus mengonsumsi air mineral. Tubuh yang sehat akan membantu Anda untuk lebih semangat dalam beraktifitas!