Keuangan yang sehat berarti Anda mampu untuk menutupi segala pengeluaran dan memiliki tabungan untuk hal tak terduga di masa depan. Sebagian orang tidak memerhatikan pengeluarannya, dan juga sedikit yang memahami pengelolaan keuangan pribadi (personal finance).  Sedikit juga yang mampu mengelola keuangan secara konsisten. Sebagian orang bekerja untuk mengelola keuangan perusahaan mereka, tapi luput mengelola keuangan pribadi. Yang terakhir ini bisa dibilang ironi.

Sebelum melakukan pengelolaan keuangan, coba lihat bagaimana situasi keuangan Anda. Berikut ini adalah tanda-tanda apabila keuangan Anda sudah sehat.

Pengeluaran Tidak Lebih Dari Penghasilan

Ini adalah tanda yang sangat utama. Ketika pengeluaran tidak melebihi dari penghasilan, akan menunjukkan bahwa seseorang itu mampu mengelola arus kasnya. Sebaliknya, jika pengeluaran melebihi dari penghasilan maka akan mempengaruhi kemampuan lain di masa mendatang, seperti ketahanan dalam kondisi darurat. Untuk mengatasi masalah ini, sebaiknya seseorang memiliki pemasukan lain atau tekanlah pengeluaran-pengeluaran yang tidak perlu. Evaluasi kembali dalam setahun terakhir, untuk menentukan pengeluaran mana yang dapat ditekan.

Membayar Tagihan Penuh dan Tepat Waktu

Tagihan, bagaimana pun juga bukan tabungan. Menahan pembayaran tagihan tidak akan begitu berarti serta juga tidak akan menambah penghasilan Anda. Pada akhirnya tagihan adalah sesuatu yang harus dibayar. Tagihan sendiri sebenarnya ada beberapa tipe, ada tagihan yang sangat mendesak. Jika tidak dibayar segera, akan ada konsekuensi tersendiri misalnya tagihan listrik yang jika tidak dibayar dalam waktu lama akan mengakibatkan pemutusan listrik di rumah. Ada juga tagihan yang lebih fleksibel. Kemampuan seseorang dalam mebayar tagihan-tagihan ini menandakan arus kas yang sehat.

Memiliki Dana Darurat

Kesehatan keuangan juga ditentukan dari seberapa kita memiliki dana darurat. Nasehat umum yang terjadi, sebaiknya kita memiliki dana darurat adalah setidaknya tiga kali dari kebutuhan dasar kita. Jadi, jika pengeluaran seseorang adalah 4 juta dalam sebulan. Setidaknya dia harus memiliki dana darurat sebesar 12 juta. Ini menandakan bahwa seseorang sehat secara finansial. Kesehatan akan semakin prima jika seseorang itu bahkan memiliki dana darurat yang lebih banyak lagi.

Mampu Mengelola Hutang

Di era modern sekarang sulit bagi seseorang untuk menghindari hutang. Kemudahan pinjaman seperti kartu kredit terkadang menjebak orang melakukan pengeluaran dengan berhutang. Selain itu, untuk memenuhi impian-impian memiliki asset seperti properti ataupun mobil biasanya dilakukan dengan mengambil cicilan. Seseorang dengan finansial yang sehat akan mampu mengelola hutang ini. Jika memiliki cicilan, setidaknya cicilan itu tidak melebihi dari 35% dari penghasilan rutin bulanan.

Memiliki Tabungan Untuk Hari Tua

Mempersiapkan dana untuk hari tua adalah penting. Selalu ada akan habis masanya seseorang dalam menjalani profesinya. Menjadi tua adalah suatu kepastian. Bahkan seorang pembisnis juga akan ada masanya memberikan tongkat estafet ke keturunannya. Memiliki tabungan ini untuk mengamankan keuangan di masa tua. Jika sekarang Anda usia 30 tahun dan berencana pensiun di usia 60 tahun, setidaknya memiliki waktu 30 tahun lagi untuk mempersiapkan kebebasan finansial di masa tua. Sesorang yang mampu merencanakan keuangannya di masa depan adalah termasuk sehat dalam hal finansial.

Demikian tanda bahwa keuangan sudah sehat. Jika hanya memiliki sebagian dari tanda di atas, artinya keuangan kita sudah sehat tetapi belum sepenuhnya sehat. Dengan memiliki keuangan yang sehat, maka akan mendukung kemampuan dalam berinvestasi. Investasi adalah salah satu cara untuk menumbuhkan keuangan Anda layaknya pohon. Jika keuangan Anda sudah sehat, tidak ada salahnya untuk mencoba memulai investasi. Di Tanijoy misalnya.