Setiap orang pasti berharap return yang tinggi dari investasi yang ditanamkan. Oleh karena itu, agar harapan kenyataan diperlukan cara cerdas dalam menyalurkan uang Anda ketika hendak melakukan investasi. Sebagaimana hendak pergi ke medan laga, diperlukan strategi, tips, dan trik dalam menjalankan sebuah investasi. Apa sajakah itu? Berikut adalah cara cerdas berinvestasi yang disarikan dari berbagai sumber.

Pastikan Terlebih Dulu Tujuan Investasi

Pixabay

Beberapa pakar telah mengemukakan bahwa tujuan berinvestasi merupakan faktor utama dalam menentukan keuntungan yang diperoleh dari investasi. Setiap tujuan yang dipilih akan berdampak pada produk dan jangka waktu investasi yang dipilih. Oleh karena itu, pastikan terlebih dahulu tujuan utama dari investasi yang dilakukan oleh Anda. Tujuan ini bisa sesederhana hanya ingin memperoleh uang tambahan, hingga impian setiap orang seperti memiliki kebebasan finansial atau adanya pemasukan yang banyak ketika masa pensiun tiba.

Produk Investasi

fancycrave.com

Setelah Anda mengetahui tujuan investasi, sesuaikanlah tujuan tersebut dengan produk investasi yang akan dipilih beserta prediksi rentang waktu keuntungan yang akan diperoleh. Dalam produk invetasi pertanian misalnya, keuntungan investasi ini biasanya berbarengan dengan masa panen atau penjualan produk tani. Oleh karena itu, belilah produk atau perusahaan yang Anda kenal dengan baik. Jika belum mengenal, alangkah baiknya Anda melakukan riset pribadi sebelum memutuskan memilih produk investasi.

Jangka Waktu Investasi

rawpixel.com

Ketika Anda sudah memiliki tujuan dan pilihan produk investasi, salah satu hal yang tidak boleh dilupakan adalah jangka waktu investasi. Secara umum, dalam investasi dikenal tiga bentuk jangka waktu investasi yaitu, jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang. Dalam produk investasi pertanian, seperti Tanijoy misalnya, jangka waktu investasi ini biasanya disesuaikan dengan masa panen.  

Mulai Sedini Mungkin

Matthias Zomer

Jika Anda sudah memiliki tujuan dan pilihan produk investasi, kapan waktu yang baik untuk berinvestasi? Secepat-cepatnya. Warren Buffet dan berbagai pakar investasi mengatakan tidak ada waktu yang baik saat berinvestasi selain sejak dini. Kalau usia saya sudah beranjak tua apakah masih bisa berinvestasi? Tentu saja! Tidak seperti dunia olahraga, usia tidak menjadi penghalang bagi Anda yang ingin berinvestasi.

Kenali Risiko dari Produk Investasi yang Dipilih

Pixabay

Pengelola dana investasi yang baik biasanya akan memberitahukan mengenai risiko-risiko yang akan ditemui kepada calon investor. Kenali dan cari tahu bagaimana cara mengatasi risiko tersebut agar kerugian yang diperoleh menjadi seminimal mungkin. Oleh karena itu, sebagai investor Anda harus mengetahui bagaimana kinerja dari produk investasi yang akan dipilih.

Sesuaikan dengan Budget yang Dimiliki

Pixabay

Persepsi salah yang muncul di masyarakat adalah bahwa berinvestasi memerlukan dana yang sangat besar. Saat ini justru banyak pengelola investasi yang menyediakan produk investasi kepada mereka yang memiliki dana kecil. Sebagai permulaan Anda bisa mencoba untuk berinvestasi dengan nominal kecil terlebih dulu. Selain menambah pengalaman, Anda bisa juga belajar seluk beluk investasi secara langsung.

Kenali Platform Pengelola Dana Investasi

rawfixel.com

Saat ini banyak sekali platform pengelola dana investasi yang menawarkan kemudahan dalam berinvestasi. Walaupun begitu, agar dana investasi Anda tidak hilang begitu saja kenalilah siapa pengelola dana investasi yang akan Anda pilih. Anda dapat melakukan riset dengan melihat struktur perusahaan pengelola dana investasi, testimoni, kelogisan dalam pemberian keuntungan, kejelasaan dalam pengelolaan, kemudahaan dalam berkomunikasi, dan lain-lain.

Melakukan investasi bukan hanya sekadar menyalurkan dana, melainkan sebuah seni dalam mengelola dana dengan tujuan memperoleh keuntungan sebesar-besarnya. Oleh karena itu, diperlukan sebuah cara cerdas agar dana yang ditanamkan bisa tumbuh sesuai dengan yang diharapkan.