Jika Anda bertanya bagaimanakah peluang investasi pertanian di Indonesia? Jawabannya adalah peluang investasi pertanian di Indonesia cukup besar dan menguntungkan. Hal ini dapat dilihat dari perkembangan investasi pertanian yang memiliki tren positif dari tahun ke tahun menurut investindonesia.go.id. Selain memiliki risiko kerugian yang lebih kecil dibandingkan investasi pada produk lain, keuntungan investasi yang diperoleh cenderung dapat diprediksi dan jelas. Oleh karena itu, banyak orang yang memilih untuk menginvestasikan penghasilannya dalam produk pertanian.  

           Peluang yang cukup besar dan menguntungkan dalam investasi sektor pertanian ini setidaknya didukung oleh empat hal, yaitu potensi luas daratan, pasar, perkembangan teknologi, dan keanekaragaman produk pertanian.

Luas Daratan Indonesia

Akos Szabo

Sebagaimana diketahui, Indonesia memiliki luas yang demikian besar, baik berupa lautan maupun daratan. Menurut data BPS, Indonesia memiliki luas daratan 191,09 juta hektar yang di dalamnya sekitar 95,81 juta hektar memiliki potensial untuk diolah sebagai lahan pertanian. Jutaan hektar lahan pertanian tersebut sangatlah subur dan belum dimanfaatkan secara optimal. Banyak dari petani yang menunggu kucuran modal investasi untuk mengolah lahannya. Anda dapat menjadi salah satu calon investor potensial dan meraup keuntungan dari investasi yang telah Anda tanamkan.

Pasar yang Luas

Nicole Law

Jangan takut produk pertanian yang Anda investasikan tidak laku. Penduduk Indonesia saat ini mencapai 260 juta jiwa dengan pertumbuhan 1.49 persen per tahun. Besarnya jumlah penduduk ini tentu saja membutuhkan berbagai produk pertanian sebagai kebutuhan dasar yang harus dipenuhi. Hal ini diperkuat dengan kemampuan daya beli masyarakat yang terus meningkat setiap tahun.

Diversifikasi Produk Pertanian

Stockpic

Jika produk investasi lain hanya berfokus pada satu produk saja, investasi pertanian justru sebaliknya. Kontur dan kondisi tanah Indonesia yang subur menyebabkan Indonesia memiliki produk pertanian yang beranekaragam. Hal ini tentu saja memberikan keuntungan kepada calon investor. Calon investor dapat menyesuaikan kondisi keuangannya dengan produk investasi yang dipilih karena tentu saja setiap produk pertanian memiliki nilai investasi yang berbeda. Secara garis besar investasi produk pertanian di Indonesia dapat dibedakan ke dalam empat kelompok, yaitu tanaman pangan, hortikultura, perkebunan, dan peternakan.

Keuntungan lain yang diperoleh, investor dapat memprediksi kapan keuntungan diperoleh karena biasanya pengambilan keuntungan disesuaikan dengan masa panen. Selain itu, Indonesia merupakan negara terbesar kedua di dunia yang memiliki kekayaan hayati, tetapi sayangnya baru tergarap sekitar 5 persen. Tentunya ini merupakan peluang untuk mengembangkan lebih banyak produk pertanian.

Teknologi Pertanian yang Maju

Jhon Lambeth

Jika Anda masih berpikir bahwa para petani Indonesia masih menggunakan alat-alat tradisional untuk mengelola lahannya, sehingga Anda takut terjadi gagal panen atau hasil panen jauh dari yang diharapkan, Anda harus segera membuang pikiran tersebut jauh-jauh. Produk pertanian digolongkan sebagai komoditas penting bagi negara oleh karena itu, saat ini pemerintah dan para ilmuwan Indonesia berupaya sekuat tenaga untuk menciptakan teknologi-teknologi yang bermanfaat bagi petani. Teknologi tersebut di antaranya pengelolaan sumberdaya air seperti teknologi panen air, teknologi pemanfaatan air secara efisiensi melalui irigasi tetes, jaringan irigasi tingkat desa (JIDES) dan jaringan irigasi tingkat usaha tani (JITUT).

Selain dianggap memiliki risiko lebih kecil dibanding dengan investasi pada produk lain, salah satu peluang investasi produk pertanian adalah masih belum banyak orang yang berkecimpung dalam bidang ini. Hal ini mengakibatkan para calon investor dapat dengan leluasa menyalurkan dan memperoleh keuntungan dari investasi yang telah dilakukan. Jadi mau tunggu apa lagi?


Referensi

http://www1.pertanian.go.id/file/RENSTRA_2015-2019.pdf

https://www.investindonesia.go.id/id/artikel-investasi/detail/investasi-industri-pertanian

http://news.unpad.ac.id/?p=36173

https://www.indonesia-investments.com/id/budaya/penduduk/item67?