Baru dapat gaji pertama? Daripada menguap begitu saja baiknya sisihkan untuk mulai berinvestasi. Investasi tidak hanya bisa dilakukan oleh mereka yang memiliki penghasilan besar dan mapan saja, tetapi mereka yang baru saja memperoleh gaji pertama juga dapat melakukan hal serupa. Apa saja jenis investasi yang bisa dicoba dan berapa banyak penghasilan yang harus dikeluarkan? Berikut paparannya.

Berapa persen dari gaji pertama untuk investasi?

Pixabay

Beberapa ahli investasi menyarankan rata-rata ideal pengeluaran investasi yang dikeluarkan adalah sebesar sepuluh persen. Jadi jika Anda memperoleh penghasilan Rp2.000.000,- per bulan, pengeluaran investasi dari gaji pertama yang diperoleh adalah sebesar Rp200.000. Jika dirasa terlalu berat, sebagai pemula Anda bisa mencari pengelola dana investasi yang menawarkan biaya investasi dengan minim. Saat ini berbagai platform digital menyediakan jasa investasi yang mudah. Anda dapat melakukan riset dengan sekali klik.

Investasi apa saja yang bisa dicoba?

Ada beberapa bentuk investasi yang bisa dicoba di antaranya:

Tabungan Berjangka

Pixabay

Investasi pada tabungan berjangka bisa dipilih sebagai awal mula Anda berkenalan dengan investasi. Anda dapat datang ke bank dan membuka rekening tabungan berjangka. Namun, yang harus diingat pencairan tabungan ini harus sesuai dengan perjanjian di awal. Menariknya, Anda bisa menentukan berapa jumlah setoran yang akan diberikan setiap bulan dan pihak bank biasanya menetapkan jumlah yang cukup minim.

Tabungan Emas

Pixabay

Tabungan emas kini menjadi salah satu alternatif investasi bagi mereka yang baru mendapat gaji pertama. Banyak platform digital yang menyediakan tabungan emas dewasa ini tanpa perlu mengeluarkan biaya yang besar. Dengan uang Rp10.000,- Anda sudah bisa mulai untuk menabung emas setiap bulannya. Salah satu keuntungan dari tabungan emas ini dapat dicairkan kapan saja, selain nilainya yang cenderung stabil dari tahun ke tahun.

Produk Pertanian

Quang Nguyen Vinh

Perkembangan teknologi kini telah membuka jalan baru untuk melakukan investasi. Salah satu yang terkena dampaknya adalah investasi pada produk pertanian. Saat ini banyak platform digital yang memfokuskan diri untuk mengelola dana investasi pada produk pertanian seperti Tanijoy. Keuntungan yang diperoleh dari produk investasi pertanian adalah nilai uang yang diinvestasikan cukup minim, return yang diperoleh cukup besar, dan paling penting investor dapat mengetahui kapan keuntungan tersebut bisa diperoleh. Hal ini disebabkan masa panen dari produk pertanian bisa diprediksikan. Oleh karena itu, investasi pada produk pertanian menjadi pilihan bagi mereka yang baru memperoleh gaji pertama.

Reksadana

energipic.com

Salah satu bentuk investasi yang juga bisa menjadi pilihan adalah reksadana. Investasi ini dipilih karena investor tidak perlu repot-repot untuk menganalisis kondisi pasar dan keuangan. Hal ini disebabkan dana yang diinvestasikan akan dikelola oleh manajer investasi. Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk berinvestasi para calon investor diharapkan untuk melihat dan menganalisis manajer investasi yang akan dipilih. Saat ini banyak platform digital yang menyediakan kemudahan kepada investor untuk membuka investasi reksadana.

Tidak ada alasan untuk berinvestasi, walaupun itu dari gaji pertama yang diperoleh. Asal ada kemauan berinvestasi, di sana pasti ada keuntungan yang akan diperoleh. Walaupun begitu sebagai pemula harus diingat ada satu prinsip dalam berinvestasi yang tidak boleh diabaikan, yaitu, konsistensi. Konsistensi berinvestasi adalah kunci kesuksesan dan keuntungan. Inilah yang dilakukan oleh investor sukses seperti Warren Buffet.