Mendapatkan gaji pertama tentu adalah momen yang paling ditunggu oleh karyawan baru. Terlebih bagi yang belum pernah memiliki pengalaman bekerja sebelumnya. Pada akhirnya jerih payah selama sebulan terbayar.

Terkadang euforia gaji pertama bisa jadi bumerang bagi mereka yang tak pintar mengaturnya. Pada akhirnya gaji pertama itu habis begitu saja tanpa perencanaan yang baik. Nah, bagaimana sih caranya mengatur gaji pertamamu agar tak menguap begitu saja? Simak tipsnya berikut ini!

Hitung Kebutuhan Primer

Dari SD kita sudah belajar tentang berbagai kebutuhan mulai dari primer, sekunder, dan tersier. Ya, jika sudah memahami hal ini maka sudah sepantasnya gaji pertama diprioritaskan untuk kebutuhan primer.

Mulailah dengan menghitung kebutuhan primer, baru ke sekunder dan tersier. Anggaran untuk kebutuhan primer harus jadi perhatian pertama sebelum mengalokasikan ke kebutuhan lainnya. Jika alokasi untuk kebutuhan primer sudah aman maka tak perlu cemas dengan pengeluaran lainnya.

Buat Dua Rekening

Memiliki dua rekening fungsinya bukan sekedar untuk menambah kartu di dompet saja. Fungsinya di sini adalah untuk membedakan antara rekening untuk dana operasional dan satunya untuk dijadikan tabungan. Dengan membedakan fungsi rekening maka akan memudahkan tracking transaksi yang dilakukan dalam sebulan.

Membedakan rekening juga bisa membiasakan untuk menabung demi keperluan mendadak yang tak terencana. Misalnya adalah biaya bengkel, sakit, dan sebagainya.

Dahulukan Kewajiban

Selalu dahulukan kewajiban sebelum menggunakan dana untuk bersenang-senang. Kewajiban di sini maksudnya adalah hutang, cicilan, dan orang tua. Mendahulukan kewajiban terutama kepada orang tua adalah wujud tanggung jawab dan ucapan terima kasih karena selama ini mereka lah yang menanggung segala biaya sebelum diterima bekerja.

Catat Pengeluaran Harian

Bagi sebagian orang mencatat adalah kegiatan yang remeh dan tidak penting. Tapi dengan mulai rutin mencatat segala pengeluaran tiap hari memiliki banyak manfaat seperti jadi lebih bijak dalam belanja. Dengan mencatat pengeluaran harian, seseorang akan tahu berapa banyak uang yang sudah dikeluarkan perharinya. Karena sudah mengetahui berapa uang yang dikeluarkan tiap hari maka seseorang bisa siap dengan pengeluaran tak terduga.

Mulai Berinvestasi

Menabung tak akan membuat uang di rekening semakin bertambah. Saat menabung di bank, akan ada biaya administrasi bulanan yang akan memotong saldo di rekening. Tak hanya itu, nilai uang juga akan mengalami penurunan seiring inflasi yang terjadi. Terlebih karena sumber penghasilan satu-satunya berasal dari gaji bulanan. Tentu mulai berinvestasi jadi hal yang sangat penting. Investasi penting bagi seseorang untuk memenuhi kebutuhan jangka pendek maupun jangka panjang.

Instrumen investasi terbagi menjadi aktiva finansial dan aktiva riil. Aktiva finansial contohnya adalah deposito, valas, obligasi, saham, dan reksadana. Aktiva riil contohnya adalah emas, properti, dan investasi pertanian seperti di Tanijoy.

Setelah tahu beberapa tips untuk mengelola gaji pertama, kini tinggal pelaksanaannya aja. Tips di atas gak akan berhasil kalau hanya dilakukan sehari dua hari. Atau hanya dilakukan di bulan pertama saja. Agar keuangan di masa depan bisa aman, konsisten lakukan tips ini mulai dari sekarang ya!


Artikel ini pernah dipublikasikan di Medium Tanijoy