Apa saja produk investasi yang aman? Bagaimana tips agar Investasi aman dan menguntungkan?

Sebenarnya tidak ada investasi yang benar-benar aman. Bagaimana pun juga investasi itu memiliki risiko. Layaknya hidup, selalu ada risiko. Bahkan seorang Warren Buffet, yang diusung sebagai investor terkaya dan tercerdas di dunia juga mengalami kerugian substansial saat krisis tahun 2008 di Amerika.

Seringkali kata aman justru akan menghambat seseorang berinvestasi sebab diliputi banyak ketakutan. Oleh karena itu, sebaiknya pahami aturan dan prinsip dalam investasi agar kita dapat berinvestasi tanpa keraguan, serta memiliki kecakapan dalam menentukan Investasi yang tepat dan aman.

Semakin Besar Return yang Akan Didapat, Semakin Besar Pula Risiko yang Bisa Didapat

Jangan pernah lupa aturan ini, sehingga Anda mestinya melakukan investasi dengan kesadaran tinggi. Artinya Anda tahu bahwa kata “investasi aman” dan “investasi menguntungkan” itu sebenarnya berbanding terbalik. Semakin besar keuntungannya, semakin tinggi risikonya. Tetapi risiko tentu tak perlu ditakuti. Risiko itu sebenarnya baik, karena Anda justru akan melakukan investasi dengan teliti sebelum memutuskan.

Selalu Ingat Nasehat “Jangan Menaruh Semua Telur dalam Satu Keranjang”

Ini adalah pesan yang sangat umum dalam hal investasi. Anda harus memiliki banyak variasi dalam investasi. Pedomannya adalah sebaiknya Anda memiliki paling tidak satu dari tiap produk investasi. Jika suatu saat nilai saham jatuh, akan ada produk investasi lain yang melindungi finansial Anda. Ini biasanya disebut diversifikasi. Namun sebenarnya ini juga tidak sepenuhnya menghindarkan Anda risiko-risiko Investasi. Hanya saja melakukan ini akan meminimalisasi kerugian yang kemungkinan bisa Anda alami.

Lakukan Investasi Pada yang Anda Ketahui

Inilah sebenarnya jawaban untuk Investasi yang aman dan menguntungkan itu. Lakukanlah investasi pada yang Anda ketahui. Jangan pernah melakukan investasi pada yang Anda tidak tahu. Ini juga nantinya akan selaras untuk Anda sebagai investor agar tidak mudah menyalahkan agen ataupun penyedia slot investasi saat kerugian terjadi. Sebagai seorang investor, harusnya Anda tahu ke mana uang Anda itu ditanam dan bagaimana ia kemudian tumbuh dan bekerja.

Selalu Pantau Portofolio Anda

Anda sudah melakukan investasi, Anda juga sudah melakukan diversifikasi. Sekarang adalah waktunya untuk selalu memantau investasi Anda tersebut setiap tiga atau bahkan enam bulan. Hal ini penting bagi Anda kemudian untuk memutuskan bagaimana memperlakukan investasi-investasi Anda tersebut.

Jangan Mudah Panik, Berinvestasilah Dengan Konsisten dan Sabar

Aturan terakhir adalah jangan mudah panik, yang berujung pada keputusan gegabah Anda pada investasi. Jangan juga menjadi orang yang suka ikut-ikutan orang lain. Misalnya Anda melakukan investasi saham, jangan mudah tergoda untuk membeli saham hanya karena misal orang lain memilikinya. Jangan juga panic ketika orang lain berinvestasi pada hal tertentu, lantas Anda juga ikut kesana. Terkadang justru ada investasi yang menguntungkan yang sebenarnya tidak banyak diambil oleh orang lain.

Semakin Banyak yang Anda Ketahui, Semakin Kecil Risiko Kerugian Anda

Nah, aturan main terakhir ini adalah yang paling penting untuk investasi aman dan menguntungkan. Berilah diri Anda waktu untuk belajar, dan belajarlah pada yang Anda sukai. Jika Anda menyukai saham, belajarlah soal saham. Jika Anda menyukai reksadana, belajarlah reksadana, jika Anda menyukai properti, belajarlah tentang investasi di properti. Atau justru Anda mulai ingin mempelajari investasi pertanian, Anda bisa memulainya di Tanijoy. Pengetahuan-pengetahuan inilah yang akan meminimalisasi kerugian atas keputusan yang salah. Anda pasti akan melakukan kesalahan dan pada akhirnya menghadapi risiko dari investasi, sehingga untuk belajar, usahakan hanya membuat kesalahan kecil dengan menghimpun sebanyak-banyaknya pengetahuan.