Salah satu kunci dari kesuksesan melakukan investasi adalah dengan menentukan tujuan dari investasi itu sendiri. Apakah keuntungan investasi yang diperoleh akan digunakan untuk biaya pendidikan, renovasi rumah, pensiun, liburan, ataupun kegiatan konsumtif lainnya. Hal ini akan berdampak pada pemilihan payback period investasi, yaitu pendek atau panjang. Jika Anda menginginkan memperoleh return secara cepat pilihlah investasi dengan jangka waktu pendek. Berikut adalah beberapa produk investasi jangka pendek yang dapat memberikan return  dalam jangka waktu yang relatif singkat.

Deposito

Pixabay

Dibandingkan tabungan, deposito dapat memberikan keuntungan lebih banyak kepada calon investor karena memberikan bunga yang lebih besar daripada tabungan. Deposito juga banyak dipilih karena dianggap lebih familiar dan memiliki risiko rendah. Salah satu keuntungan memilih produk deposito adalah jangka waktunya yang beragam dari 1, 3, hingga 12 bulan. Namun, salah satu hal yang harus diingat adalah jika investor mencairkan uang kurang dari jangka waktu yang telah disepakati akan memperoleh penalti atau denda. Oleh karena itu, sebelum memutuskan berinvestasi pastikan jangka waktu pencairan yang ingin diperoleh.

Emas

Public Domain Picture

Emas merupakan salah satu bentuk investasi yang tidak ada habisnya dipilih oleh para investor. Emas memiliki nilai yang stabil dan akan naik dalam beberapa waktu. Walaupun terjadi gejolak ekonomi harganya tidak akan turun. Salah satu keuntungan yang diperoleh dari investasi emas adalah sifatnya yang likuid atau bisa dicairkan sewaktu-waktu apabila dibutuhkan. Hal inilah yang membuat mengapa banyak orang memilih investasi emas karena ketika dibutuhkan orang dapat dengan segera memperoleh dana tambahan.

Reksadana

Negative Space

Salah satu produk investasi yang banyak dilirik kalangan pemula adalah reksadana. Selain memberikan jangka waktu yang relatif pendek, produk reksadana banyak dipilih karena investor tidak perlu terlalu mendalami memahami seluk beluk dunia investasi. Investor cukup menyalurkan penghasilannya kepada manajer investasi yang kompeten. Nantinya manajer investasi inilah yang akan memutarkan dana dari para investor tersebut. Menariknya, saat ini banyak pengelola reksa dana yang mensyaratkan penyaluran dana dengan biaya minim dan dapat dilakukan secara daring (online).

Peer to Peer Lending

rawfixel.com

Walaupun masih tergolong produk baru, peer to peer lending menjadi salah satu produk alternatif investor ketika memilih investasi jangka pendek. Peer to peer lending atau P2P adalah jasa keuangan yang mempertemukan langsung antara pemberi dana (lender) dan peminjam dana (borrower). Saat ini banyak marketplace yang bisa dijadikan pilihan untuk bertransaksi P2P. Selain watu yang singkat, beberapa marketplace memberikan keuntungan dengan bunga kompetitif. Ditambah lagi, modal yang diperlukan tidak terlalu besar.

Investasi Produk Pertanian

Pixabay

Dalam beberapa tahun ini tren investasi produk pertanian semakin meningkat. Selain pangsa pasar yang luas, produk pertanian menawarkan jangka waktu investasi yang cukup jelas. Masa panen tanaman pangan dan hortikultura seperti padi, jagung, sayuran, dan lain-lain cenderung terjadwal, yakni antara 1 hingga 8 bulan. Ditambah lagi, nilai keuntungan yang diperoleh pun dapat diprediksikan di awal. Saat ini dengan bantuan teknologi, banyak calon investor yang dapat memilih produk investasi pertanian, akad kerja sama yang dilakukan, hingga profil mitra tani yang akan menggarap lahan dapat dilihat dengan mudah. Di Tanijoy misalnya, para calon investor dapat melihat semua itu melalui platform yang dimiliki tanijoy. Para investor tinggal duduk manis dan memantau perkembangn investasinya. Lalu, biarkan uang yang telah diinvestasikan melahirkan keuntungan yang berlipat ganda.