Paprika sekarang ini mudah kita jumpai di pasar swalayan dan tradisional. Rasanya yang manis dan sedikit pedas sangat cocok untuk dijadikan bahan penyedap aneka masakan, sebut saja salad, pasta, pizza dan aneka masakan mediterania dan eropa. Di balik warnanya yang mencolok, ternyata buah paprika juga mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh.

Setidaknya ada 3 jenis buah paprika yang dibedakan berdasarkan warna kulit dan dagingnya, yaitu paprika merah dan kuning dan oranye. Di mana paprika sendiri sebenarnya masih berkerabat dengan cabai dan tomat, ia masuk ke dalam keluarga tanaman Solanaceae.

Nah, kandungan nutrisi dalam paprika diantaranya; vitamin C, vitamin E, thiamin (vitamin B1), niacin (vitamin B3), B6, folate, magnesium dan potassium. Apa sajakah manfaat yang bisa didapatkan oleh tubuh dari mengkonsumsi paprika?

Melindungi Tubuh dari Radikal Bebas

Warna merah cerah dari buah paprika menandakan adanya kandungan phytonutrient. Yaitu senyawa antioksidan yang bisa melindungi tubuh dari radikal bebas, diantaranya; polusi udara, asap rokok, sinar UV dan efek samping obat-obatan.

Menjaga Kesehatan Mental

Di dalam buah paprika juga terdapat vitamin B6 dalam jumlah tinggi. Vitamin B6 tersebut telah terbukti bisa meningkatkan kadar serotonin dan norepinephrine, atau biasa yang disebut dengan istilah hormon kebahagiaan. Karena itu mengkonsumsi buah paprika sangat direkomendasikan bagi Anda yang sering mengalami stress ataupun perubahan mood yang mendadak.

Ketika seseorang kekurangan asupan vitamin B6 akan beresiko terkena penyakit mental disorder atau ADHD. Defisiensi vitamin B6 juga masih berhubungan dengan munculnya penyakit alzheimer dan demensia akibat pertambahan usia.

Anti Inflamasi

Kandungan vitamin C dalam buah paprika memenuhi lebih dari 200 persen kebutuhan harian. Di mana vitamin C dan phytonutrient bisa membantu tubuh dalam melawan inflamasi. Kandungan anti inflamasi dalam paprika ini menjadi ujung tombak pencegah munculnya beragam jenis penyakit berbahaya.

Di samping itu, mengkonsumsi paprika akan menjaga kulit tetap sehat. Nah, salah satu manfaat dari mengkonsumsi buah dan sayur yang tinggi vitamin C ialah dapat merangsang produksi kolagen, yaitu protein penyusun struktur sel kulit dan tulang. Sehingga ketika Anda secara rutin mengkonsumsi paprika bisa membuat kulit tubuh menjadi sehat, elastis dan tampak awet muda.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Senyawa antioksidan lainnya yang terkandung dalam buah paprika dalam jumlah yang cukup besar ialah quercetin dan  zeaxanthin. Kedua antioksidan ini bisa mencegah terjadinya oksidasi pada lemak kolesterol LDL (Low dencity lipoprotein). Ketika LDL ini teroksidasi, maka akan terjadi penyumbatan pada dinding arteri atau atherosclerosis, yang bisa mengakibatkan munculnya komplikasi penyakit jantung.

Selain itu, paprika juga mengandung folat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa senyawa folat dapat menurunkan resiko munculnya penyakit jantung. Seseorang yang mengkonsumsi folat dalam jumlah tinggi kemungkinan untuk terkena serangan penyakit bisa berkurang hingga 50 %.

Menjaga Kesehatan Mata

Hasil penelitian lain menunjukkan bahwa ketika Kita rutin mengkonsumsi buah dan sayur dengan karoten tinggi bisa mengurangi resiko terkena penyakit katarak. Kabar baiknya, buah paprika setidaknya mengandunh dua jenis karoten, yaitu Lutein dan Zeaxanthin dalam jumlah yang tinggi.

Setidaknya untuk setiap satu buah paprika terdapat senyawa Zeaxanthin sebanyak 4-6 mg. Karoten tersebut merupakan pigmen makula yang bisa mengurangi kerusakan makula mata akibat pertambahan usia seseorang.

Cara kerja dari senyawa antioksidan karoten ini ialah dengan menyaring sinar UV gelombang pendek yang bisa menyebabkan kerusakan pada retina mata. Penelitian juga menunjukkan dengan rutin mengkonsumsi 6 mg lutein setiap hari bisa mengurangi resiko penyakit mata hingga 43 %.