Sejak diluncurkannya platform investasi pada 21 april 2018 lalu, Tanijoy menjadi alternatif produk investasi yang cocok untuk kaum millennial. Mengapa? Pertama, Millennial memiliki kecenderungan untuk berinvestasi kepada dampak sosial. Kedua, Tanijoy menawarkan investasi di sub-sektor hortikultura yang memiliki return bersaing dengan jangka waktu singkat.

Anda mungkin sudah membekali diri dengan istilah-istilah investasi sebelum memutuskan menanamkan modal di proyek pertanian Tanijoy. Namun tak jarang ada istilah-istilah yang masih membingungkan anda. Maka dari itu, simak istilah yang digunakan oleh Tanijoy berikut ini:

Card

Card adalah kumpulan proyek yang dijalankan oleh Mitra Tani Tanijoy. Di dalam Card biasanya berisi informasi nama dan lokasi proyek usahatani. Contoh card yang ada di Tanijoy adalah "Cabai Keriting Cipatat".

Contoh tampilan card

Proyek

Proyek adalah usahatani yang dipertanggungjawabkan oleh Mitra Tani Tanijoy per luasan lahan tertentu. Satu proyek berarti satu usahatani yang dikerjakan oleh satu orang Mitra Tani. Proyek tersedia berarti kuota yang masih ada untuk bisa ditanami modal. Proyek berjalan adalah jumlah proyek dalam satu card yang sedang dijalankan oleh Mitra Tani. Proyek berhasil artinya proyek yang telah selesai dijalankan.

Slot

Slot adalah satuan transaksi untuk berinvestasi  di Tanijoy. Untuk memenuhi suatu proyek usahatani dibutuhkan beberapa slot pendanaan dari investor. Kuota slot per proyek tergantung dari luasan lahan yang dikelola. Apabila slot pendanaan tidak terpenuhi, maka proyek tidak dapat dijalankan.

Rincian Investasi

Rincian investasi adalah dokumen yang berisi rancangan anggaran belanja (RAB), proyeksi panen, dan mitigasi risiko proyek usahatani.

Harga Investasi

Harga investasi adalah nominal yang harus dibayar per satu proyek yang hendak didanai oleh investor berdasarkan RAB yang tertera.

Periode Investasi

Periode investasi adalah durasi proyek usahatani dijalankan. Durasi periode investasi di Tanijoy biasanya di bawah satu tahun.

Risiko

Risiko adalah ukuran dari sebuah ketidakpastian yang menggambarkan variansi dari return investasi. Tanijoy mengklasifikasikan risiko investasi ke dalam 3 tingkatan yaitu rendah, moderat, dan tinggi. Tingkat risiko ini dihitung dari volatilitas harga komoditas, tingkat kesulitan budidaya, dan ketahanan komoditas pasca panen.

Mitigasi Risiko

Mitigasi adalah upaya yang dilakukan Tanijoy untuk mengurangi kemungkinan terjadinya risiko.

Return on Investment (ROI)

Return on Investment (ROI) adalah laba atas investasi yang dihitung berdasarkan hasil pembagian dari pendapatan aktual atas usahatani yang dijalankan bersama.

Estimated Return

Estimated return adalah range perkiraan nilai ROI yang akan diterima investor atas proyek usahatani yang didanai. Perkiraan nilai ini dihitung berdasarkan proyeksi tonase (berat) hasil panen dan harga pasar.

Expected Return

Expected return adalah perkiraan nilai ROI yang diantisipasi oleh investor.

Itulah daftar istilah digunakan dalam platform investasi Tanijoy yang wajib anda ketahui. Jika ada pertanyaan lebih lanjut mengenai istilah tersebut, silakan bertanya langsung via live chat dengan CS kami atau kirim email ke hi@tanijoy.id.