Aspek finansial menjadi salah satu hal yang sangat penting dan perlu untuk diperhatikan sejak dini. Mapan di usia muda dan terus stabil hingga tua menjadi impian banyak orang. Tentu hal itu tidak akan terwujud jika Anda tidak mengetahui hal-hal apa saja yang perlu dipersiapkan dan dilakukan.

Usia memasuki kepala 4 merupakan usia dimana Anda tidak lagi hanya fokus terhadap diri sendiri, tetapi keluarga sudah menjadi prioritas utama. Masa depan keluarga yang nyaman dan tenang menjadi salah satu tujuan hidup Anda. Berikut 8 strategi untuk meraih kemapanan di usia 40 tahun.

Investasi Sedini Mungkin

Investasi sejak dini adalah salah satu cara yang paling ampuh untuk mempersiapkan kebutuhan di masa yang akan datang. Keuntungan dari investasi tentunya akan membantu Anda untuk menghindari masalah finansial di kemudian hari. Anda bisa mulai mencoba untuk investasi di bidang pertanian bersama Tanijoy.

Miliki Dana Darurat

Berbagai kejadian tidak disangka dapat terjadi secara tiba-tiba. Entah itu dalam bentuk sakit, kecelakaan, dan lain sebagainya. Hal-hal yang bersifat darurat tersebut tentunya tidak boleh Anda kesampingkan begitu saja. Di setiap rencana keuangan yang Anda susun sertakanlah selalu dana darurat di dalamnya. Dana darurat tersebut tentunya hanya Anda gunakan pada saat kondisi darurat terjadi agar tetap terjaga dengan baik.

Miliki Dana Pendidikan

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, di usia yang sudah menginjak kepala 4, hidup bukan hanya tentang diri Anda sendiri. Keluarga sudah menjadi hal yang harus Anda pikirkan. Salah satunya pendidikan anak-anak Anda. Biaya pendidikan semakin tahun semakin besar. Biaya tersebut mulai dari taman kanak-kanak hingga memasuki masa perkuliahan.

Seharusnya, saat ini Anda sudah memiliki tabungan pendidikan tersebut agar anak Anda bisa melanjutkan pendidikan hingga kuliah. Jika Anda masih belum merasa tabungan Anda cukup, maka hitunglah waktu yang tersisa hingga anak Anda masuk kuliah dan mulailah untuk mengejar biaya pendidikan tersebut.

Jangan Hutang!

Kebiasaan Anda untuk melakukan cicilan baik untuk rumah, mobil, motor, dan lain sebagainya di masa muda harus ditinggalkan. Ketika Anda sudah berusia 40 tahun, Anda sudah harus memiliki tabungan pasti. Lunaskan hutang-hutang yang Anda miliki dan hindari hutang di masa yang akan datang.

Miliki Asuransi Jiwa dan Kesehatan

Asuransi jiwa dan kesehatan berguna untuk melindungi Anda dan keluarga dari risiko yang kemungkinan akan datang di masa depan. Sehingga pastikan mulai saat ini Anda sudah memiliki asuransi jiwa dan juga kesehatan. Di samping itu, pastikan juga kendaraan dan rumah Anda memiliki asuransi yang akan melindunginya dari berbagai risiko yang ada.

Miliki Pendapatan 3 Kali Lipat dari Sekarang

Pada usia 40 tahun, diharapkan setidaknya Anda sudah memiliki pendapatan 3 kali lipat lebih besar dari pendapatan normal Anda biasanya. Pendapatan tersebut tentunya berguna sebagai dana pensiun Anda kelak. Sehingga segala kebutuhan yang berkaitan dengan kebutuhan pensiun, Anda dapat menggunakan tabungan dana pensiun tersebut.

Tulis Surat Wasiat

Jangan menganggap surat wasiat hanya untuk orang-orang yang sudah lanjut usia. Walaupun Anda masih berusia 40 tahun, Anda juga sudah bisa memulai untuk menuliskan surat wasiat untuk pengamanan harta. Ketika Anda sudah tiada, surat wasiat inilah yang akan membantu kondisi menjadi lebih kondusif dan keluarga yang Anda tinggalkan menjadi lebih tenang.

Hindari Pengeluaran Tidak Penting

Jika Anda merupakan salah satu dari orang yang sering berbelanja hanya karena lapar mata, Anda harus berhenti mulai dari sekarang. Ingat, fokus Anda di usia 40 tahun adalah menabung dan investasi untuk jangka panjang. Jangan sampai Anda menyesal.

Itulah 8 strategi yang bisa Anda mulai dari sekarang agar memperoleh kenyamanan dan ketenangan untuk menghadapi masa tua. Semua tidak akan sulit dijalankan jika Anda sungguh-sungguh untuk meraihnya. Selamat mencoba!