Rabu (3/07), Tanijoy bekerja sama dengan SYNRGY Innovation Hub mengadakan Tanijoy Talk Vol 2 dengan tema “Build Product for Driving Social Changes”. Dewasa ini banyak permasalahan sosial yang butuh partisipasi non pemerintah dalam penyelesaiannya. Berbagai masalah sosial yang ada mendorong kemunculan technopreneur untuk menciptakan suatu produk yang dapat menjawab permasalahan tersebut.

Talkshow dimoderatori oleh Muchammad Hatta Zakaria selaku UI/UX Designer Tanijoy dan menghadirkan tiga pembicara yang memiliki pengalaman di usaha sosial. Tiga pembicara tersebut antara lain Ketut Gede Budhi Riyanta (CEO Medi-Call), Febrian Imanda (CTO Tanijoy), dan Komang Agustyasuastika (Product Manager Kitabisa).

Budhi Riyanta selaku CEO Medi-Call menjelaskan mengenai “One Stop Solution for Homecare” dari Medi-Call. Medi-Call hadir untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dimana mereka dapat dihubungkan langsung dengan penyedia layanan kesehatan terdekat dan tercepat khususnya untuk datang langsung ke lokasi pasien. Budhi Riyanta mengatakan bahwa menciptakan produk teknologi untuk suatu masalah harus memperhatikan beberapa hal seperti memiliki passion, persistence, dan co-founder, menyelesaikan masalah sosial secara berkelanjutan, memiliki barrier to entry, fokus dengan pelanggan, dan harus memastikan adanya cash-flow.

Berbeda dengan Medi-Call yang hadir sebagai solusi di bidang kesehatan, Febrian Imanda mengatakan bahwa asal mula Tanijoy berdiri karena melihat masih banyaknya petani lokal yang mengalami masalah dalam permodalan. Sehingga Tanijoy muncul sebagai platform yang menjembatani antara petani dengan para pemodal (investor). Para investor yang berinvestasi pun diberikan transparansi terkait kemana aliran uang yang ditanamkan selama proses budidaya berlangsung. Febrian juga mengatakan bahwa teknologi hanya sebagai alat, tetapi yang paling penting adalah bagaimana entrepreneur dapat mengubah sesuatu menjadi lebih baik.

Tidak jauh berbeda dengan Medi-Call dan Tanijoy, Kitabisa juga hadir akibat melihat suatu permasalahan yang ada. Komang Agustyasuastika mengatakan Kitabisa menghubungkan orang yang ingin menyumbang atau berdonasi dengan orang yang membutuhkan donasi secara online. Komang Agustyasuastika juga mengatakan bahwa jika ingin menciptakan suatu produk, maka buatlah produk yang memang digunakan oleh pelanggan dan rancang ide menarik secara matang. “Talk to customer, listen to customer, build product yang mereka pengen”, pungkasnya.


Writer: Livia Ramadhany

Editor: Maya