Tidak ada yang menyangkal jika Warren Buffet merupakan salah satu investor paling sukses yang dikenal sepanjang sejarah dunia investasi. Berkali-kali dirinya menduduki peringkat pertama sebagai manusia terkaya di dunia. Banyak orang bertanya-tanya mengapa ia dapat mencapai kesuksesan yang luar biasa dalam dunia investasi. Beruntungnya dalam beberapa kesempatan Warren Buffet suka berbagi tips dan trik sukses berinvestasi. Berikut adalah tips sukses investasi ala Warren Buffet yang dirangkum dari berbagai sumber.

Mulailah Sedini Mungkin

Joshep Redfield

Warren Buffet memang mulai berkecimpung dalam dunia investasi sejak usia sebelas tahun. Namun, sebagaimana dikatakannya berkali-kali bagi mereka yang ingin berkecimpung dalam dunia yang sama usia bukanlah halangan. Pada usia berapapun ketika Anda menyadari bahwa investasi adalah hal yang penting, mulailah untuk segera melakukan investasi.

Tidak emosional

Pixabay

Salah satu tips utama dari Warren Buffet ketika Anda mulai masuk dalam dunia investasi adalah tidak bersikap emosional. Dunia investasi memerlukan rasionalitas untuk melihat berbagai celah dan kesempatan yang datang ke hadapan investor. Harga pasar yang tiba-tiba turun atau risiko kegagalan yang tiba-tiba muncul adalah hal lumrah yang terjadi dalam dunia investasi. Hal ini tentunya akan menimbulkan perasaan emosional pada diri Anda. Oleh karena itu, Anda harus bisa mengontrol perasaan ini sedini mungkin.  

Investasikan pada yang Anda pahami

rawfixel.com

Tips yang juga tidak kalah penting diungkapkan Warren Buffet adalah penting untuk menginvestasikan pada produk yang Anda pahami. Minimal Anda memiliki pengetahuan atau kompetensi mengenai industri yang akan Anda beri investasi, model bisnisnya seperti apa, atau aset yang dimiliki berapa banyak. Hal ini tentunya dapat meminimalkan risiko kerugian yang akan dialami kelak.

Investasikan pada perusahaan yang baik

rawfixel.com

Jika Anda sudah memiliki pengetahuan dan kompetensi mengenai industri atau produk yang akan Anda beri investasi, langkah selanjutnya adalah mencari perusahaan yang baik dan cocok sebagai tempat Anda berinvestasi. Apa saja kriteria yang dapat dipilih sebagai perusahaan yang baik tersebut? Banyak kriteria yang dapat diberikan tetapi minimal perusahaan tersebut memiliki kredibilitas yang baik dalam bidangnya, memiliki manajemen yang solid, pertumbuhannya baik, dan memberikan return yang tinggi dan adil.

Temukan perusahaan yang baik itu dengan harga yang tepat

Daria Svetsova

Perusahaan-perusahaan yang baik dan memiliki nama mentereng biasanya memiliki nilai investasi yang tinggi. Oleh karena itu, Warren Buffet menyarankan agar secara jeli kita dapat melakukan riset dan mencari perusahaan-perusahaan dengan kriteria baik, tetapi memiliki nilai investasi yang lebih tepat dengan kondisi keuangan investor. Hal ini akan memberikan return yang tinggi di masa yang akan datang.    

Belajar dari ahlinya

rawfixel.com

Penting untuk berada dalam lingkungan yang memiliki visi dan misi yang sama dengan diri kita. Begitupun dalam dunia investasi. Selain itu, salah satu hal yang penting adalah Anda harus belajar dari ahlinya ketika hendak berinvestasi. Warren Buffet sendiri memiliki mentor dalam dunia investasi, yaitu Benjamin Graham. Jika Anda tidak memiliki mentor secara personal, Anda dapat belajar melalui buku-buku yang berkaitan dengan dunia investasi.

Investasi pada diri sendiri

pixabay

Tidak ada yang lebih baik selain menginvestasikan uang Anda pada diri sendiri. Menambah ilmu pengetahuan dan pengalaman adalah investasi terbaik yang dapat dilakukan ketika Anda berkecimpung dalam dunia investasi. Hal ini dapat memberikan pandangan luas mengenai strategi dan langkah Anda agar sukses dalam berinvestasi. Oleh karena itu, pengembangan diri adalah hal mutlak yang harus dilakukan oleh para investor.


Referensi

https://www.businessinsider.com/warren-buffett-best-investing-advice-for-beginners-2017-11/?IR=T

https://www.cnbc.com/2018/12/17/warren-buffett-tips-on-how-to-invest-in-the-stock-market.html

http://www.businessdictionary.com/article/896/investing-lessons-of-warren-buffett/