Setelah tahu beberapa produk yang cocok dan menguntungkan bagi pemula, saatnya mengenal lebih jauh salah satu produknya yaitu Peer to peer lending (P2P). Peer sendiri itu artinya sesama, dan lending adalah proses pinjaman. Sehingga P2P ini seringkali diibaratkan kita sedang meminjamkan uang kita kepada saudara kita sendiri. Peer to peer lending, atau yang biasa disingkat P2P sebenarnya adalah jasa keuangan yang mempertemukan langsung antara pemberi dana dengan investornya dalam bentuk platform digital. Si peminjam disebut borrower, dan pemberi dana biasa kita sebut lender.

P2P ini memang tergolong produk yang baru. Peraturan OJK sendiri dalam mengatur P2P ini diterbitkan pada tahun 2016. P2P hadir saat teknologi memberikan banyak kemudahan bagi pengguna. Anda yang tertarik pada peer to peer lending bisa saja menjadi borrower, tapi jika Anda sedang mencari produk investasi, maka artikel ini adalah tepat. Artikel ini khusus untuk bagi mereka yang ingin melakukan investasi.

Bagaimana Cara Kerjanya?

Cara kerja produk ini sebenarnya seperti halnya online marketplace. Jika Anda suka belanja online, Anda tentu sudah akan familiar dengan cara kerjanya. Bedanya, jika Anda sedang berbelanja, Anda sebagai pembeli terhubung dengan penjual. Di P2P, Anda sebagai investor akan terhubung dengan borrower, dan uang Anda sebagai investor akan kembali dengan tingkat return maupun bagi hasil yang sudah ditetapkan.

Jika Saya Tertarik Investasi P2P, Bagaimana Caranya?

Anda hanya perlu menelusuri platform apa saja yang melayani jasa keuangan ini. Sudah banyak P2P yang terdaftar di OJK, sehingga Anda bisa mencarinya dengan mudah secara online. Setelah Anda masuk ke salah satu platform investasi, biasanya di sana sudah terdapat informasi-informasi mengenai produk apa saja yang sedang perlu investasi, siapa yang akan mengelola dan berapa keuntungan serta jangka waktu pengembalian modalnya. Jika sebagai investor Anda tertarik, Anda tinggal mendaftar melalui platform tersebut dan memilih investasi yang Anda inginkan.

Apa saja Produk yang Memerlukan investasi di P2P?

Banyak dan sangat beragam, tergantung pengelola platform tersebut. Ada platform P2P yang menawarkan pembiayaan UKM dan badan usaha besar, tetapi ada juga yang sektoral. Misalnya P2P khusus di peternakan, pertanian, perikanan, ataupun pemberdayaan perempuan. Tanijoy sendiri adalah salah satu platform P2P yang menyediakan investasi khusus bidang pertanian.

Apakah Investasi ini Aman dan Menguntungkan?

Menguntungkan, karena kemudahannya. Namun bagaimana pun juga risiko itu selalu ada. Di p2P sendiri  risikonya sebernarnya tergolong besar, karena tidak ada investasi yang benar-benar aman. Penting bagi Anda yang ingin melakukan investasi ini untuk mencari tahu tentang penyedia jasa yang Anda pilih, terutama bagaimana manajemen risiko yang dilaksanakan. Risiko menjadi besar, jika Anda tidak cermat dalam memilih marketplace sebagai penyedia platform investasinya. Seperti halnya toko, marketplace ini pun beragam dengan sistem masing-masingnya. Ada yang konvensional, ada juga yang syariah. Ada yang sebagai marketplace bertindak mediator saja, tetapi ada juga yang membantu pengelola dana ini dari hulu sampai hilir. Jadi, keamanan dan keuntungan investasi ini tergantung bagaimana Anda memilih si penyedia jasanya.

Berapa Minimal Uang yang Bisa Saya investasikan?

Sekali lagi beragam, tergantung si penyedia jasa. Dari yang kecil sampai yang besar tersedia. Anda bisa melakukan pengecekan pada marketplace masing-masing. Di Tanijoy sendiri, untuk saat ini tersedia dengan slot minimal satu juta hingga tiha jutaan per slot.  Tentu saja Anda bebas ingin membeli berapa slot.