Indonesia sebenarnya memiliki peluang untuk bisa mandiri di sektor pertanian karena dikenal sebagai negara agraris. Dengan kondisi wilayah yang seluruhnya beriklim tropis, maka aktifitas pertanian bisa dilakukan sepanjang tahun. Itulah sebabnya kontribusi sektor pertanian terhadap PDB mencapai 13,6%. Yang juga merupakan salah satu penyerap tenaga kerja terbesar, yaitu sebanyak 35%.

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistika (BPS) tahun 2018, nilai perdagangan dari hasil pertanian Indonesia bahkan mencapai Rp.139,6 triliun. Nilai ekspor juga mengalami kenaikan 29.7% dengan total transaksi selama 4 tahun ke belakang sebanyak Rp.1.764 triliun.

Bahkan data dari kementerian pertanian juga menambahkan bahwa nilai investasi pada tahun 2019 diprediksi akan mencapai Rp.80 triliun. Terjadi kenaikan yang signifikan dari nilai investasi tahun 2018 yang sebesar Rp.61,6 triliun.

Peluang Investasi

Chrisboulas.com

Data dari BPS dan Kementan tersebut tentunya memberikan gambaran kepada Kita, bahwa sektor pertanian memiliki andil yang cukup besar terhadap perputaran ekonomi dalam negeri.

Namun sayangnya akses permodalan masih menjadi isu di kalangan para petani. Di mana untuk mendapatkan modal yang selama ini melalui bank konvensional, diperlukan syarat berupa jaminan atau agunan yang seringkali tidak dimiliki oleh petani.

Permasalahan tersebut bisa menjadi peluang bagi Anda untuk ikut andil dalam memberikan kemudahan akses permodalan bagi petani. Dengan melalui teknologi informasi digital, Anda bisa melakukan investasi di sektor pertanian yang menguntungkan sekaligus memberikan dampak sosial.

Imbal Hasil yang Menarik

Google Image

Saat ini sudah banyak instrumen investasi yang bisa Anda pilih, sebut saja emas, obligasi, reksa dana, saham dan properti. Setelah financial technology berkembang dalam lima tahun terakhir, produk investasi semakin beragam. Seperti investasi ke sektor pertanian melalui platform Tanijoy.  

Di samping itu, bagi Anda yang belum familiar dalam berinvestasi di sektor pertanian, Anda bisa mencoba pilihan program pendaan jangka pendek yang hanya berlangsung selama 3 bulan.

Investasi Berdampak Sosial

Michael Brown/Fotolia

Berkembangnya fintech ikut memudahkan petani dalam mengakses permodalan di luar perusahaan perbankan.

Dengan menggunakan sistem Peer to peer lending, Anda selaku pemilik modal dapat ikut berkontribusi melalui program investasi pendanaan budidaya pertanian yang tersedia.

Adanya kolaborasi antara investor, platform investasi serta petani tersebut, maka pertumbuhan ekonomi akan merambah sampai ke pedesaan. Sehingga angka kemiskinan dan pengangguran di desa dapat ditekan dengan maksimal.

Ikut Menjaga Ketahanan Pangan

Beritasatu.com

Jumlah penduduk Indonesia saat ini mencapai 265 juta orang dan diprediksi pada tahun 2050 akan terus bertambah hingga 300 juta orang.

Jumlah penduduk yang sangat besar tersebut tentunya harus diimbangi dengan ketersediaan bahan pangan yang mencukupi. Agar supaya ketahana  pangan dalam negeri dapat terjaga, sehingga kuota impor dan angka inflasi dapat ditekan dengan maksimal.

Di sisi lain, banyak lahan produktif yang beralih fungsi menjadi kawasan perumahan. Data luas lahan pertanian produktif dari Kementan pada tahun 2016 yang sebesar 8.1 juta hektar menyusut menjadi 7,1 juta hektar pada tahun 2018. Padahal dengan berkurangnya luas lahan pertanian akan berbanding lurus dengan penurunan jumlah produksi hasil pertanian.

Kondisi tersebut diakibatkan oleh kurangnya modal yang dimiliki oleh pemilik lahan untuk melakukan aktifitas pertanian. Belum lagi luasan lahan yang dimiliki oleh petani rata-rata hanya 0,5 ha, sehingga hasil yang didapat dari bertani pun tidak seberapa.

Untuk itu, ketika seluruh aspek pendukung aktifitas sektor pertanian saling bersinergi, baik itu dari segi pendanaan, teknologi, serta pendampingan oleh ahli, maka masa depan pertanian Indonesia lebih terjamin. Target ketahanan pangan pun dapat tercapai. Maka dari itu, sekarang dalah saat yang tepat bagi Anda untuk mengambil peluang berinvestasi di sektor pertanian. Dapatkan keuntungan berupa imbal hasil yang menarik dengan sistem yang adil sekaligus aman.