Kemajuan teknologi membuat banyak kemudahan, salah satunya adalah peluang investasi. Kini, hanya dengan dana sedikit orang sudah bisa memulai investasi, bahkan cepat dan menguntungkan. Jika dulu kita harus punya modal banyak untuk bisa melakukan investasi, sekarang dengan seratus ribu saja kita sudah bisa melakukan investasi, apalagi dengan modal 10 juta.

Lantas, jika saya sudah memiliki dana yang saya sisihkan, sebaiknya saya investasikan ke mana? Jika pemula dalam investasi dan belum tahu banyak sebaiknya berkenalan dulu dengan produk investasi berikut, untuk mempertimbangkan investasi yang aman bagi Anda sendiri.

Reksadana

Reksadana adalah produk keuangan di mana uang kita nantinya akan terkumpul dan dikumpulkan bersama uang investor lainnya yang akan diserahkan ke pihak lain. Pihak lain ini yaitu perusahaan sebagai manajer investasi yang akan menginvestasikan lagi uang tersebut ke berbagai produk keuangan lainnya, misalnya deposito, saham, obligasi, pasar uang dan lainnya. Intinya adalah kita menyerahkan dana kita yang akan diinvestasikan kembali oleh perusahaan yang ditunjuk. Investasi yang semacam ini sebenarnya sangat cocok untuk pemula, yang tidak mengerti sama sekali soal investasi. Sederhanya, sebagai pemula kita mempercayakan kepada orang lain yang ahli untuk mengembangkan uang kita.

Reksadana sendiri banyak jenisnya dan yang paling mudah dengan membelinya di bank. Hanya dengan uang Rp. 100.000 Anda sudah bisa membeli reksadana di bank manapun. Banyak bank yang sudah membuka reksadana baik offline maupun online. Anda bisa datang ke customer service di bank cabang dan mengisi formulirnya. Nantinya pihak bank akan memindahkan uang Anda dari rekening ke manajer investasi yang Anda pilih.

Saham

Saham adalah surat kepemilikan pada sebuah perusahaan. Artinya, jika memiliki saham di PT X, maka kita adalah pemilik dari perusahaan tersebut. Dalam kehidupan sehari-hari kita banyak membeli produk, mulai dari shampo, kosmetik, es krim, mie instan dan lainnya. Produk-produk tersebut diproduksi oleh perusahaan yang sebenarnya banyak ada di bursa saham Indonesia. Sebagai pemula, investasi saham ini dapat dijadikan alternatif. Jika biasanya Anda cukup konsumtif hanya dengan membeli produk sebuah perusahaan, sudah saatnya berpikir mencoba memiliki perusahaan tersebut dengan membeli saham.

Untuk membeli saham, Anda dapat membelinya di perusahaan sekuritas, yaitu perusahaan yang menjadi perantara antara perusahaan dan investor. Saham memiliki harga yang berbeda-beda, harga tersebut bisa saja nai dan bisa saja turun karena dihargai oleh sangat banyak orang dengan berbagai perspektifnya akan sebuah perusahaan.

Peer to Peer Lending

Nah, yang ketiga ini adalah investasi paling mudah, paling cocok dan menguntungkan untuk pemula. Investasi ini memang berkembang di mana teknologi sudah mengalami kemajuan begitu pesat. Investasi ini biasanya memiliki platform untuk mempertemukan perusahaan ataupun individu dengan investor. Proses investasi di peer to peer lending ini sangat cepat, dan biasanya tidak seribet seperti kita membeli reksadana di bank ataupun membeli saham.

Peer” adalah golongan yang sama. Jadi, investasi ini adalah investasi sesama, umumnya diibaratkan seperti meminjamkan uang kepada saudara sendiri. Namun sebagai pemula tidak perlu khawatir akan investasi peer to peer lending ini. Meskipun prinsipnya pinjam peminjam antar sesama yang dikhawatirkan memunculkan banyak risiko, produk ini sudah terdaftar dan diawasai oleh OJK. Saat ini sudah banyak platform digital yang menyediakan produk investasi ini dengan berbagai jenis bidangnya. Anda yang ingin berinvestasi dengan produk ini sudah bisa mencarinya secara online. Contohnya adalah dengan memesan slot investasi di Tanijoy.

Kira-kira itulah 3 produk investasi yang cocok dan aman bagi pemula. Ketiga investasi di atas, bahkan bisa dimulai dengan nominal yang sangat terjangkau.