Melon adalah salah satu jenis buah yang dapat ditemui sepanjang tahun. Tak heran jika buah melon menjadi salah satu andalan untuk memenuhi kebutuhan vitamin C, kalium, kalsium, dan zat besi lainnya. Bahkan salah satu varietas melon, cantaloupe, termasuk salah satu daftar superfood karena kaya akan nutrisi yang baik untuk kesehatan.

Buah melon memang salah satu komoditas hortikultura yang bernilai ekonomi tinggi. Karena itulah pemerintah memberi perhatian besar saat ada temuan bakteri Listeria monocytegenes yang mematikan pada rock melon (cantaloupe) dari Australia tahun 2018 lalu. Kementerian Pertanian lalu mengeluarkan SK Menteri Pertanian Nomor 207/Kpts/Kr.040/3/2018 yang menyatakan bahwa Indonesia tak akan menerima melon dari negeri Kangguru tersebut.

Varietas Melon Unggulan

Layaknya buah lain, melon pun punya beragam varietas. Tercatat ada 94 varietas melon yang masuk daftar Kementerian Pertanian pada 2015. Dari semua varietas ada 42 jenis melon kulit berjaring dengan daging putih, 27 varietas kulit tanpa jaring, dan 25 kulit berjaring dengan daging buah berwarna.

Dari semua varietas, ada beberapa yang paling digemari masyarakat. Varietas yang digemari adalah sky rocket, rock melon, dan golden melon.

Sky Rocket

Sky rocket adalah jenis melon yang paling sering ditemui. Jenis ini memang biasa dijual di pedagang pinggir jalan, pasar tradisional, mini market, hingga super market. Masyarakat biasa menyebut jenis ini sebagai "melon hijau".

Melon hijau memiliki berbentuk bulat dengan daging berwarna hijau. Kulit luarnya bercorak kelabu. Jenis sky rocket biasanya dijadikan jus karena dagingnya yang lembek dan memiliki kandungan air tinggi.

Rock Melon

Rock melon memiliki bentuk bulat, sama seperti sky rocket. Tapi untuk corak jaring di kulitnya lebih lebar dibanding sky rocket. Rock melon masuk ke dalam varietas cantaloupe.

Melon ini memiliki daging berwarna kuning namun kandungan airnya lebih sedikit dari sky rocket. Karena tidak begitu berair, melon ini renyah saat dikonsumsi. Rock melon sangat cocok disajikan sebagai salad buah maupun rujak.

Golden Melon

Berbeda dengan sky rocket dan rock melon yang bulat, golden melon bentuknya lonjong. Kulit luarnya halus dan berwarna kuning tanpa corak. Daging buah golden melon berwarna putih dan renyah saat dimakan. Jenis melon ini sangat cocok diolah sebagai salad buah dan rujak manis.

Permintaan VS Produksi

Melon termasuk salah satu tanaman yang berusia pendek. Waktu tanam hingga panen hanya butuh 60 hari saja. Terlebih melon bisa dibudidayakan di berbagai musim. Tanaman melon dapat tumbuh baik di ketinggian 250—800 m dpl, curah hujan antara 1.500—2.500 mm/tahun, dan kelembapan udara antara 50—70%.

Provinsi Jawa Timur menduduki posisi pertama sebagai produsen melon terbesar di Indonesia disusul oleh Yogyakarta dan Jawa Tengah pada 2018 lalu. Jawa Timur  menghasilkan 40.823 ton, Yogyakarta 30.743 ton, dan Jawa Tengah 35.522 ton. Total produksi melon secara nasional tercatat 118.708 ton. Jumlah ini masih jauh di bawah komoditas buah-buahan lain seperti jeruk, nanas, semangka, apel, alpukat, dan jambu biji.

Produksi melon nasional pada 2018 memang mengalami kenaikan sebesar 28%. Namun ada kecenderungan penurunan produksi dari 2014-2017. Tidak ada informasi pasti penyebab penurunan produksi nasional. Tapi memang ada penurunan luasan lahan panen melon secara nasional.

Produksi melon sebelumnya tidak mendapat dukungan anggaran pembangunan APBN. Komoditas melon baru mendapat dukungan pada tahun 2017. Optimalisasi produksinya baru dilakukan tahun berikutnya.

Tahun 2017 tak ada data yang menunjukkan nilai impor melon. Selama ini angka impor melon sangat kecil. Ini karena produksi melon dalam negeri masih mampu memenuhi permintaan pasar. Bahkan karena produksi yang melimpah, melon mampu diekspor ke luar negeri.

Dikutip dari tirto.id, nilai ekspor melon pada 2o17 lalu menunjukkan angka $0,46 juta. Angka ini bisa dibilang mengejutkan karena di tahun 2016 tidak ada catatan aktivitas ekspor melon. Di tahun 2018, nilai ekspor buah dari Indonesia mengalami kenaikan hingga 26.26%.

Meskipun belum ada data pasti berkaitan dengan nilai ekspor melon, tapi dengan data tahun sebelumnya bisa dipastikan bahwa pasar melon sangat terbuka baik untuk konsumsi domestik maupun ekspor.