Mulailah Dari Sekarang! Itu adalah jawaban paling penting untuk Anda yang ingin memulai investasi. Investasi adalah menyisihkan uang Anda yang kemudian akan bertumbuh layaknya menanam pohon yang akan bercabang, berdaun dan menghasilkan buah. Jika Anda semakin lama menahan, maka semakin lama pula waktu yang kalian butuhkan untuk memanen hasil buah Anda.

Namun ingat, Anda juga pasti bisa membuat kesalahan, sehingga semakin cepat memulainya semakin cepat pula belajar dari kesalahan-kesalahan sehingga kalian memiliki kekebalan yang lebih tinggi dari resiko investasi.  Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda perhatikan sebagai pemula dalam berinvestasi.

1.       Perhatikan Dulu Keuangan Anda

http://jugglemum.co.uk

Melihat ketersediaan dana yang Anda miliki adalah penting. Jangan sampai Anda menyisihkan dana untuk berinvestasi, namun ternyata mengambil porsi dana dari kebutuhan sehari-hari. Apalagi jika Anda memiliki hutang. Bagaimana pun juga, bayar dulu hutang-hutang yang kalian miliki. Bahayanya lagi jika kalian memiliki hutang-hutang pada kartu kredit, atau pun bank yang setiap bulannya menambah hutang Anda dengan bunga-bunga aturan mereka. Adalah lebih bijak jika Anda memiliki uang untuk memenuhi kebutuhan dasar Anda terlebih dahulu serta mebayar hutang-hutang tersebut.

2.       Miliki Tujuan dari Investasi Anda

Sebelum memulai sesuatu, tentu Anda harus memiliki tujuan Anda dalam melakukan investasi. Mengapa Anda ingin berinvestasi? Apakah ini untuk jangka pendek, atau mungkin jangka panjang? Ini tentu selaras dengan tujuan hidup yang Anda miliki. Biasanya orang memiliki tujuan investasi untuk dana pensiun, pendidikan anak, atau mungkin persiapan menikah berumah tangga. Hal ini tentu akan menjadi pertimbangan Anda untuk menentukan investasi terbaik yang selaras dengan hidup dan keuangan Anda. Untuk menyusun tujuan, mungkin dengan menjawab pertanyaan ini bisa membantu Anda merumuskan tujuan investasi Anda.

Dalam 5, 10  bahkan 20 tahun ke depan saya akan ada di mana? Kehidupan Apa yang Saya Inginkan?

Berapa dana yang saya punya untuk bisa saya investasikan?

Apakah saya ingin jangka panjang atau justru jangka pendek?

Dari berbagai investasi, yang manakah yang cocok untuk saya? Reksadana, Emas, Properti, Saham,  atau ada lagi investasi lainnya yang justru lebih cocok untuk saya? Atau barangkali kalian ingin mencoba investasi bidang pertanian

3.       Cari Tahu Banyak Hal dan Rencanakan Keuangan

thumbs.dreamstime.com

Memiliki perencanaan keuangan adalah cara yang bijak dalam mengatur keuangan, serta cara bijak sebelum melakukan investasi. Dalam menyusun perencanaan, tentu Anda harus memiliki banyak pengetahuan agar bisa menentukan strategi terbaik dari Investasi Anda. Dengan sedikit mencari tahu serta perencanaan, ini tidak akan menjadi hal sulit. Kalian tentu tidak ingin menyekolahkan anak tanpa tahu bagaimana program yang diberikan sekolah itu untuk anak Anda.

4.       Investasilah pada Diri Anda

Barangkali investasi inilah yang paling pertama yang justru kalian perlukan. Menurut Warren Buffett, investasi yang terbaik sebenarnya adalah investasi pada diri Anda. Jadi bukanlah di properti, saham, atau mungkin di bisnis Anda sendiri. Investasi terbaik adalah pada diri Anda, artinya berinvestasilah untuk pendidikan, investasi pada pengembangan skill, dan jika itu masih berhubungan dengan kebebasan finasial, maka berinvestasilah dengan belajar mengenai keuangan, belajar mengenai bisnis, belajar mengenai marketing. Semua orang sukses memiliki pemahaman mengenai ini. Bagaimana pun juga semua pengetahuan ini akan mengantarkan pada bagaimana caranya menumbuhkan uang-uang Anda.

5.       Mulai Saja Dulu dari yang Kecil dan Jangka Pendek

Jika semua ini masih rumit di kepala kalian. Yang paling cepat yang bisa kalian mulai adalah dengan yang paling kecil. Saat ini sudah banyak platform yang menyediakan investasi digital bahkan hanya dengan dana yang tidak mengambil begitu besar dari porsi keuangan Anda. Investasi online biasanya menyediakan bermacam-macam slot yang bisa kalian pilih bahkan dengan jangka waktu yang cukup cepat. Lantas, di mana bisa memulai investasi ini? Anda bisa mencobanya di Tanijoy.