Jika Anda sedang mencari alternatif produk investasi, sebaiknya Anda memasukkan investasi produk pertanian ke dalam daftar pilihan. Investasi produk pertanian merupakan kegiatan yang dapat memberikan keuntungan lebih kepada investor. Di Indonesia secara umum, terdapat empat produk pertanian yang biasanya dijadikan lahan untuk berinvestasi, yaitu tanaman pangan (food crops), hortikultura, perkebunan, dan peternakan (livestock). Selain keuntungan, pertanyaan umum yang sering dikemukakan oleh banyak orang apakah aman menginvestasikan uang ke dalam produk pertanian?

Setiap investasi tentunya memiliki risiko masing-masing. Namun, jika dibandingkan dengan produk investasi lain, investasi produk pertanian memberikan rasa aman yang lebih pasti dibandingkan produk lain. Badan Koordinasi dan Penanaman Modal (BKPM) menyebutkan bahwa modal yang disalurkan ke dalam produk pertanian lebih aman dibandingkan diinvestasikan pada produk investasi lain karena produk pertanian cenderung lebih kuat dalam menghadapi faktor-faktor eksternal seperti gejolak pasar. Hal ini diperkuat dengan keberadaan sumber daya lahan pertanian yang cenderung lebih produktif dan terbarukan.  

Selain itu, terdapat beberapa faktor yang bisa dijadikan sebagai penguat mengapa para calon investor harus menanamkan uang mereka ke dalam bidang pertanian di antaranya:

1.       Jangka Waktu yang Jelas

Dibandingkan produk investasi lain, produk pertanian memiliki kejelasan mengenai kira-kira kapan dan berapa banyak keuntungan yang diperoleh investor. Hal ini disebabkan jangka waktu panen dan penjualan produk pertanian cenderung dapat diukur secara berkala. Jangka waktu panen ini bervariasi dan disesuaikan dengan produk pertanian yang dipilih oleh masing-masing calon investor.

2.       Produk Investasi yang Banyak

Selain jangka waktu yang jelas, investasi pertanian juga memiliki banyak produk yang dapat dipilih masing-masing calon investor. Pemilihan produk ini dapat disesuaikan dengan kantong masing-masing calon investor. Misalnya jika produk investasi pertanian tanaman pangan dianggap terlalu tinggi dari kantong, investor dapat mencoba produk investasi pertanian hortikultura. Dengan demikian, secara tidak langsung investor juga dapat secara bijak mengeluarkan uangnya sesuai dengan kantong dan tujuan yang ingin diperoleh.

3.       Mitra Tani yang Jelas

Salah satu keuntungan dari berinvestasi dalam bidang pertanian adalah investor dapat mengetahui profil petani yang dijadikan sebagai mitra. Hal ini akan meningkatkan rasa percaya diri dan aman dalam diri investor karena mengetahui bahwa uang yang diinvestasikannya dengan baik dan sesuai tujuan.  

4.       Pasar yang Luas

Pasar merupakan salah satu pertanyaan ketika seorang investor ingin menyalurkan uangnya pada produk pertanian. Namun, dari tahun ke tahun industri pertanian cenderung menunjukkan tren positif. Selain pasar dalam negeri, pasar internasional menjadi salah satu rujukan produk pertanian Indonesia. Setiap tahun nilai ekspor pertanian Indonesia cenderung meningkat. Pada tahun 2018 ekspor produk pertanian Indonesia naik 29 persen. Tren positif ini diprediksikan akan semakin berkembang di masa yang akan datang.

5.       Dukungan Pemerintah yang Baik

Sektor pertanian merupakan salah satu sektor fundamental masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, sejak tahun 2017 pemerintah telah menderegulasi peraturan yang menghambat perkembangan industri pertanian di Indonesia. Selain itu, industri padat karya seperti pertanian, menjadi prioritas utama pemerintah dalam pengembangan masyarakat. Hal ini tentu saja akan memberikan dampak positif bagi calon investor produk pertanian.

Inilah beberapa faktor yang membuat investasi produk pertanian lebih aman dan menguntungkan untuk dipilih oleh investor ketika ingin menanamkan modalnya. Jadi tunggu apa lagi?


Sumber:

https://www.cnbcindonesia.com/news/20190114131041-4-50518/mentan-pamer-capaian-sektor-pertanian-klaim-ekspor-naik-29

https://www.investindonesia.go.id/id/artikel-investasi/detail/investasi-industri-pertanian

https://www.investindonesia.go.id/id/artikel-investasi/detail/5-keuntungan-investasi-pertanian-yang-belum-banyak-orang-tahu

http://www.kemenperin.go.id/artikel/10679/BKPM:-Investasi-Industri-Padat-Karya-Jadi-Prioritas

https://fajar.co.id/2018/05/21/deregulasi-dan-debirokrasi-sektor-pertanian-untuk-dongkrak-investasi