Walaupun memiliki penghasilan yang stabil dan aman dalam hal penghasilan, Pegawai Negeri Sipil (PNS) dapat meningkatkan pendapatannya melalui investasi. Keuntungan investasi yang diperoleh dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan baik kebutuhan konsumtif seperti liburan atau membeli barang, maupun kebutuhan jangka panjang misalnya mencapai kebebasan finansial saat masa pensiun kelak.

Tidak mengherankan apabila saat ini banyak PNS yang mulai melirik berbagai instrumen investasi untuk menyalurkan penghasilannya. Sebelum memutuskan untuk berinvestasi ada beberapa tips yang dapat dilakukan oleh PNS agar penghasilan yang diinvestasikan memberikan keuntungan besar, di antaranya:

Jumlah Dana Investasi

Rawpixel.com

Sebagaimana pekerja lain, PNS dapat menyalurkan sebesar sepuluh persen dari penghasilannya untuk dana investasi. Jika dirasa terlalu berat karena memiliki cicilan, misalnya, PNS dapat mulai mencari nilai investasi yang lebih rendah. Saat ini banyak platform investasi yang mensyaratkan dana kecil untuk memulai investasi.

Waktu Investasi Terbaik

Rawpixel.com

Kapan waktu yang cocok untuk menyalurkan dana investasi? Karena PNS memperoleh gaji rutin sebaiknya ketika gaji diperoleh di awal bulan langsung sisihkan sebesar 10 persen dari penghasilan untuk berinvestasi. Hal ini dilakukan untuk menghindari biaya-biaya konsumtif tak terduga.

Petakan Karier dan Golongan yang Akan Dilalui

Rwapixel.com

Sebelum pensiun, PNS memiliki jenjang golongan dan jabatan ketika bekerja. Petakan kira-kira sebelum masa pensiun tiba Anda dapat mencapai golongan karier PNS seperti apa. Hal ini penting untuk menentukan jangka waktu, tujuan, dan produk investasi. Misalnya jika saat ini Anda masih berkarier dengan golongan rendah Anda dapat memilih produk investasi yang mensyaratkan dana kecil. Namun, lima tahun yang akan datang ketika golongan Anda sudah naik, Anda dapat membuat diversifikasi produk investasi yang mensyaratkan dana lebih besar. Ini juga penting sebagai persiapan ketika masa pensiun tiba. PNS dapat mengisi masa pensiunnya dari keuntungan investasi yang sudah dibangun jauh-jauh hari.

Disiplin

Pixabay

Godaan terbesar dalam berinvestasi adalah konsistensi. Karena merasa aman dalam hal finansial banyak PNS yang berpikir untuk menggugurkan investasinya di tengah jalan. Pola pikir ini harus dibuang jauh-jauh. Investasi dapat menjadi salah satu bantuan utama ketika keadaan darurat tiba, tanpa harus mengganggu kondisi finansial yang sudah rutin dimiliki.

Lalu Rekomendasi Investasi seperti apakah yang cocok untuk PNS?

Pixabay

1.    Reksadana

Reksadana cocok dipilih oleh PNS karena tidak perlu memikirkan fluktuasi kondisi pasar. Manajer investasi dapat menjadi perantara yang jitu dalam mengelola dana yang dikeluarkan oleh PNS. Selain itu, saat ini biaya yang dikeluarkan untuk reksadana cukup terjangkau. PNS cukup duduk di kantor dan biarkan manajer investasi mengelola dana Anda di pasar keuangan.

2.    Emas

Emas merupakan investasi yang dapat dipilih oleh PNS. Setiap menerima gaji, PNS dapat membeli emas dengan kadar gram kecil sebagai tabungan investasi. Di samping sebagai produk investasi, emas juga bisa digunakan sebagai tabungan darurat oleh PNS ketika membutuhkan dana tiba-tiba karena sifatnya yang bisa dicairkan kapan pun dan di mana pun.

3.    Tabungan Berencana

Tabungan berjangka dapat dipilih oleh PNS yang merasa dirinya sulit mengeluarkan uang untuk berinvestasi. Dengan tabungan berjangka, setiap bulan bank akan memotong secara otomatis besaran uang yang telah disepakati untuk ditabung. Hal ini mau tidak mau akan memaksa PNS untuk disiplin dan berinvestasi.

4.    Deposito

Deposito adalah jenis investasi familiar yang dapat dipilih oleh PNS untuk menyalurkan dananya. Menariknya deposito memberikan kemudahan kepada nasabah dengan jangka waktu pendek atau panjang. Jadi, PNS dapat menentukan kira-kira kapan pencairan keuntungan akan dilakukan.

5.    Investasi Produk Pertanian

Selama manusia membutuhkan makanan, selama itu pula produk pertanian akan terus diminati. Investasi produk pertanian dapat dipilih sebagai salah satu produk investasi bagi PNS. Selain tidak memerlukan biaya besar, jangka waktu dan return yang diperoleh cenderung lebih cepat dan dapat diprediksikan. Para PNS pun tidak perlu memikirkan mengenai kondisi alam atau bagaimana cara menumbuhkan komoditas pertanian sebab saat ini sudah banyak platform investasi pertanian yang bertugas memastikan semua hal tersebut seperti yang dilakukan oleh Tanijoy. Investor cukup duduk dan melihat perkembangan investasi melalui laporan tiap periodenya.  

Itulah beberapa tips dan rekomendasi investasi bagi PNS. Jadi, siapa bilang seorang PNS tidak dapat berinvestasi?