Investasi merupakan salah satu kegiatan yang tidak asing lagi bagi masyarakat. Berbagai alternatif produk investasi kini bisa dengan mudah dipilih dan disesuaikan dengan kantong para investor. Salah satu alternatif produk investasi yang kini menjadi primadona adalah investasi produk pertanian. Setidaknya sejak tahun 2013 hingga 2018 tren investasi pada produk pertanian meningkat dengan tajam, yaitu menyentuh angka kenaikan hingga 110,2 persen.

Tentunya hal ini cukup menggembirakan. Apalagi para pemain yang berkecimpung dalam bidang ini masih cukup sedikit. Namun, sebagaimana produk-produk investasi lain, sebelum memutuskan untuk berinvestasi, Anda harus mengetahui beberapa tips agar investasi produk pertanian Anda sukses dan sesuai dengan harapan yang diinginkan. Berikut adalah beberapa tips investasi pertanian dari beberapa ahli.

Sesuaikan Dana yang Dimiliki

rawfixel.com

Dana yang dimiliki adalah langkah pertama yang harus Anda cermati sebelum memutuskan untuk berinvestasi. Secara umum biasanya para ahli mempertimbangkan bahwa calon investor minimal memiliki dana sekitar 10 persen dari total penghasilan sebagai dana awal untuk melakukan investasi. Walaupun begitu, saat ini banyak platform investasi yang membolehkan untuk menyalurkan rentang dana yang cukup terjangkau, khususnya bagi investor pemula.

Kenali Profil Risiko Diri Anda

Richi Choraria

Setelah Anda mengetahui berapa dana yang akan diinvestasikan, selanjutnya Anda harus mengetahui profil risiko diri Anda sendiri. Secara umum, investor dapat dikategorikan ke dalam tiga golongan berdasarkan kemampuan untuk menanggung risiko investasi yaitu konservatif (cenderung menghindari risiko tinggi), moderat, dan agresif (mau mengambil risiko tinggi).

Ketika sudah mengetahui profil risiko diri, Anda dapat menyesuaikannya dengan produk investasi yang ditawarkan. Biasanya pengelola dana investasi pertanian yang baik akan menunjukkan seberapa banyak risiko yang mungkin akan ditanggung dari produk investasi pertanian yang ditawarkan.

Pilih Produk Pertanian Secara Jeli

Pixabay

Sebagaimana diketahui, produk pertanian memiliki banyak variasi produk yaitu tanaman pangan, hortikultura, perkebunan, dan peternakan. Dalam pemilihan produk pertanian ini Anda harus memperhatikan di mana lahan produk tersebut ditanam, bagaimana risiko yang mungkin ditemui, atau siapakah yang menjadi mitra tani. Hal ini penting untuk diketahui agar pengelolaan lahan tani sesuai dengan yang diharapkan.  

Jangka Waktu Panen

Sumber Pixabay

Pada umumnya panen produk pertanian memiliki jangka waktu yang tetap dan dapat diprediksi. Jangka waktu panen ini sangatlah penting, selain untuk mengetahui kapan keuntungan dapat diperoleh, kita juga bisa memperoleh keuntungan tambahan, misalnya dari penjualan produk hasil tani yang bertepatan dengan hari besar keagamaan.  

Penjualan Produk Tani

Daria Svetsova

Mengetahui cara penjualan produk tani merupakan hal utama yang harus diketahui investor. Biasanya pengelola dana akan memberitahukan bagaimana produk yang telah dipanen akan dijual dan memperoleh keuntungan. Di Tanijoy, misalnya, setelah panen Mitra Tani melalui bantuan tim trading akan menjual produknya kepada off taker dengan perjanjian kontrak.

Pilih Platform Pengelola Investasi yang Kredibel

Pixabay

Saat ini sangat banyak platform yang menawarkan pengelolaan investasi kepada calon investor. Walaupun begitu Anda harus jeli agar tidak terjebak pada investasi bodong. Salah satu langkah pertama adalah bisa dengan melihat kinerja historis dari platform pilihan Anda. Hal paling mudah Anda dapat melihat tingkat kepuasan atau komentar dari investor yang sudah melakukan investasi pada platform yang hendak dituju oleh Anda.

Akad Investasi

rawfixel.com

Akad menjadi penting dalam investasi pertanian. Dalam akad investasi pertanian terdapat tiga akad yang biasanya dilakukan yaitu kerja sama (musyarokah), sewa-menyewa (ijarah), atau bagi hasil (mudharabah). Pastikan ketika Anda mulai berinvestasi apakah akad yang diikrarkan sudah sesuai dengan keinginan Anda.

Pantau Secara Berkala

Lorenzo

Sebagaimana bentuk investasi lain, para investor juga perlu memantau perkembangan lahan investasinya secara rutin. Hal ini diperlukan apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, investor dapat langsung berdiskusi dengan pengelola lahan atau perantara untuk mencari jalan keluar.

Itulah delapan tips investasi pertanian yang dapat dilakukan oleh Anda sebelum memutuskan untuk berinvestasi dalam bidang pertanian.


Referensi

https://ekonomi.kompas.com/read/2019/01/14/133654926/291-permentan-dicabut-investasi-pertanian-melonjak-110-persen

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/08/07/151424726/ini-tips-investasi-dari-ojk-untuk-investor-pemula

https://ekonomi.kompas.com/read/2019/01/22/070800226/milenial-mulai-sisihkan-10-persen-gajimu-untuk-investasi-