Kronologis Peristiwa

Penarikan Dana Terhambat

Tanijoy, berfungsi sebagai penghubung antara Mitra Tani dan pendana, telah menjalankan kewajiban untuk mengirimkan laporan akhir (final report) kepada pendana. Tanijoy juga telah mengisi rekening escrow account milik pendana sesuai dengan jumlah modal dan pengembalian (return) pendanaan yang tertera di laporan akhir.

Pada saat pendistribusian laporan akhir, Tanijoy masih dalam tahap melakukan collection atas dana yang digunakan untuk menjalankan usahatani. Aktivitas collection pun terhambat dikarenakan pemberlakukan PSBB di daerah operasional Tanijoy. Karena tidak bisa menunggu penyelesaian pembayaran yang telah lewat dari tanggal jatuh tempo, Tanijoy membantu dengan memberikan dana talangan untuk dikembalikan kepada pendana.

Dana talangan yang dimiliki Tanijoy pada akhirnya tidak bisa menutup celah hutang Mitra Tani yang seharusnya dikembalikan kepada lender tepat pada waktunya. Di sisi lain, penarikan dana dalam jumlah yang sangat besar dalam 6 bulan terakhir. Sampai saat ini, Tanijoy masih terus berkomunikasi dan melakukan collection dana dari Mitra Tani. Tanijoy terus berusaha untuk segera memproses semua penarikan dana yang dilakukan pendana.

Keterlambatan Pelaporan Proyek yang Jatuh Tempo

Selama 3 bulan terakhir terdapat mismanajemen oleh Mitra Tani pada proyek yang dikerjakan. Akibatnya terdapat sejumlah proyek pendanaan yang mengalami kerugian. Kerugian ini sebagian besar disebabkan oleh produksi yang rendah, penurunan kuantitas pembelian secara drastis dari para offtaker, dan penambahan termin pembayaran oleh offtaker sejak adanya pandemi COVID-19. Saat ini mitra tani terus menindaklanjuti pelunasan pembayaran dari offtaker (pembeli). Tanijoy, sebagai penghubung antara Mitra Tani dan pendana, terus mengupayakan komunikasi untuk penyelesaian masalah.


Pernyataan Resmi Perusahaan

Tanijoy mengakui bahwa permasalahan ini sangat krusial sehingga mengganggu kenyamanan para pendana. Segenap tim manajemen meminta maaf kepada semua pendana yang terdampak.

Manajemen lalai dalam menyadari permasalahan dan memberikan respons atas peristiwa yang terjadi. Permasalahan ini pun menjadi pembelajaran yang berharga agar tidak terjadi lagi di kemudian hari.

Tanijoy berterima kasih atas kepercayaan yang diberikan oleh pendana dan mengapresiasi hal tersebut dengan cara menyusun langkah strategis untuk segera menyelesaikan permasalahan yang ada. Tanijoy juga berkomitmen untuk terus menjalin komunikasi yang intens dengan pendana.

Strategi Penyelesaian

Tanijoy telah mengambil langkah strategis berupa:

  1. Virtual Meeting. Manajemen telah melakukan penjadwalan virtual meeting yang akan dihadiri pendana yang terdampak dan perwakilan Tanijoy. Agenda yang akan dibahas berupa paparan langkah penyelesaian pengembalian dana dan sesi tanya jawab.
  2. Forum Diskusi. Manajemen menyediakan forum diskusi penyelesaian bagi semua pendana yang terdampak. Pendana akan mendapat undangan untuk masuk ke dalam grup telegram. Akan ada 3 key person dari Tanijoy yang bertanggung jawab pada setiap grup.
  3. Debt Collection. Manajemen, melalui departemen risk dan legal serta operasional, terus melakukan collection dari Mitra Tani hingga tanggung jawabnya terpenuhi. Perusahaan akan menyiapkan langkah hukum lainnya apabila diperlukan.
  4. Disbursement schedule. Manajemen, melalui departemen akuntansi dan keuangan, tengah melakukan penjadwalan untuk semua proses penarikan yang terlambat. Detail proses penjadwalan ini akan disampaikan kepada lender melalui kanal informasi resmi dan forum diskusi.

Strategi Preventif di Masa Depan

  1. Perbaikan kontrak kerja sama antara Tanijoy dan Mitra Tani.
  2. Perbaikan kredit scoring untuk proyek mendatang.
  3. Kegagalan panen ada dua penyebab yaitu mismanajemen dan force majeure. Kegagalan panen karena force majeure terkait dengan natural disaster (gunung api, banjir, tanah longsor, angin kencang, dsb) merupakan kejadian di luar kemampuan. Sedangkan potensi kegagalan panen karena mismanajemen akan ditanggulangi dengan peningkatan transfer knowledge kepada Mitra Tani dari sisi budidaya pertanian dan penanganan pasca panen.
  4. Pendampingan penuh di lapangan. Kondisi sekarang sebagian besar disebabkan karena keterbatasan komunikasi selama pandemi COVID-19. Sejak pandemi berlangsung, Tanijoy terpaksa membatasi pertemuan (kontak) langsung dengan Mitra Tani. Dengan mulainya pelonggaran PSBB, Field Manager dapat melakukan pendampingan secara intensif.

Dokumentasi

Kontak Tanijoy

Layanan telepon kami tangguhkan selama pandemi COVID-19. Keluhan dan bantuan dapat disampaikan melalui live chat, grup telegram, dan email support@tanijoy.id.